Pj Gubernur Sumsel Dorong Pengembangan Pariwisata Sejarah Museum Balaputra Dewa Pj Gubernur Sumsel Dorong Pengembangan Pariwisata Sejarah Museum Balaputra Dewa

Advertisement

Advertisement

Pj Gubernur Sumsel Dorong Pengembangan Pariwisata Sejarah Museum Balaputra Dewa

Alfaisti134
, April 18, 2024
Last Updated 2024-04-18T15:48:09Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Palembang - Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, beserta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Drs. H. Aufa Syahrizal, melakukan peninjauan Museum Balaputra Dewa yang terletak di Jalan Srijaya, Palembang pada Rabu, 17/4.

Fatoni tampak mengelilingi seluruh ruangan museum yang dipenuhi dengan benda-benda bersejarah, dan mendorong pengelola museum untuk membuat daftar lengkap peninggalan sejarah sebagai destinasi wisata sejarah di Sumsel.

Salah satu temuan menarik adalah Perahu Lesung yang ditemukan di Sungai Ogan, diyakini berasal dari abad ke-12 dengan kedalaman 6 meter dari dasar sungai. Selain itu, terdapat juga Tanjak dan peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin II dari Kesultanan Palembang Darussalam pada tahun 1804-1821.

Fatoni berharap kunjungan ini dapat mendorong minat generasi muda untuk mengenal sejarah dan mempromosikan nilai-nilai sejarah yang penting, termasuk tentang Kerajaan Sriwijaya.

"Kita harus menyelidiki sejarah keberadaan Sriwijaya, karena kerajaan ini merupakan salah satu penguasa maritim Asia Tenggara yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumsel," ujarnya.

Selain mengunjungi museum, Fatoni juga berkunjung ke Rumah Limas atau rumah tradisional Palembang, di mana dia memperkenalkan filosofi ornamen rumah tersebut, termasuk adanya tanduk kambing di atap rumah.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Edward Chandra, MH, Edukator Sumsel Beny Pramana Putra, Kepala Museum Negeri Sumsel Candra Amprayadi SH, dan para Kepala OPD Provinsi Sumsel. eFHa. 

TrendingMore