Pelaku Penipuan dan Penggelapan Sepeda Motor di Purbalingga Berhasil Ditangkap Polisi Pelaku Penipuan dan Penggelapan Sepeda Motor di Purbalingga Berhasil Ditangkap Polisi

Advertisement

Advertisement

Pelaku Penipuan dan Penggelapan Sepeda Motor di Purbalingga Berhasil Ditangkap Polisi

Alfaisti134
, April 25, 2024
Last Updated 2024-04-25T11:56:03Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Purbalingga - Polsek Purbalingga telah berhasil mengungkap kasus penipuan dan penggelapan sepeda motor yang melibatkan seorang tersangka berinisial LCG, warga Kelurahan Bojong, Kecamatan Purbalingga. Tersangka berhasil diamankan bersama barang bukti terkait kasus ini.

Menurut Kapolsek Purbalingga, AKP Setiadi, kasus ini terjadi pada hari Senin, 15/4, di mana korban, Febrian Gimnastiar, warga Kelurahan Bojong, menjadi korban dari tindakan penipuan tersebut. Tersangka meminjam sepeda motor dari korban dengan modus yang kemudian menggadaikannya tanpa izin dan pengetahuan korban.


"Modus yang dilakukan oleh tersangka yaitu meminjam sepeda motor kepada korban namun kemudian menggadaikannya tanpa ijin dan tanpa sepengetahuan korban," ungkap Kapolsek.

Tersangka datang ke rumah korban, berpura-pura meminjam sepeda motor untuk mengambil barang dengan metode cash on delivery (COD). Namun, setelah berhasil membawa sepeda motor, tersangka tidak mengembalikannya seperti yang dijanjikan. Setelah tiga hari tidak dikembalikan, korban melaporkan kejadian ini ke Polsek Purbalingga.

Unit Reskrim Polsek Purbalingga melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban. Tersangka berhasil diamankan pada hari Kamis, 18/4, di wilayah Kelurahan Bojong, Kabupaten Purbalingga.

Barang bukti yang diamankan termasuk sepeda motor jenis Honda Vario, satu buah BPKB, dan STNK sepeda motor. Berdasarkan keterangan tersangka, sepeda motor korban digadaikan dengan nominal Rp. 2 juta, yang kemudian digunakan untuk membayar hutang dan membeli keperluan sehari-hari.

Tersangka, yang bukan residivis, dijerat dengan pasal 378 KUHP juncto pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal empat tahun. Kapolsek Purbalingga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap modus penipuan semacam ini.

Sumber: Humas Polres Purbalingga, editor: eFHa. 

TrendingMore