SPM Awards 2024, Kemendagri Dorong Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Daerah SPM Awards 2024, Kemendagri Dorong Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Daerah

Advertisement

Advertisement

SPM Awards 2024, Kemendagri Dorong Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Daerah

Alfaisti134
, April 25, 2024
Last Updated 2024-04-25T12:04:31Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Bangda) menggelar acara Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu, (24/4). Acara tersebut dibuka oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo.

Dalam sambutannya, Wempi menjelaskan bahwa SPM Awards 2024 bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat. Dia menekankan pentingnya penerapan SPM secara optimal untuk menjamin hak-hak individu masyarakat dan memastikan akses pelayanan dasar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Menurut Wempi, tahun 2023 menjadi tahun kelima penerapan SPM, dan terjadi peningkatan nilai indeks rata-rata capaian SPM secara bertahap dari tahun ke tahun. Namun, ia menegaskan harapan agar capaian SPM bisa mencapai 100 persen sesuai dengan target yang ditetapkan oleh RPJMN tahun 2019-2024.

Untuk mendukung pencapaian target tersebut, Wempi menyarankan agar Pemerintah Daerah memanfaatkan aplikasi pelaporan e-SPM, yang dapat memudahkan proses pelaporan dan menjadi alat monitoring dan evaluasi kinerja penerapan SPM di daerah.

Selain itu, SPM Awards 2024 merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah yang berkinerja terbaik dalam menerapkan SPM. Penghargaan ini diberikan kepada 3 provinsi, 3 kabupaten, dan 3 kota di Indonesia.

Penerima SPM Awards 2024 terbagi dalam tiga kategori, yaitu:

1. Kategori Provinsi Terbaik: Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Kalimantan Timur.

2. Kategori Kabupaten Terbaik: Kabupaten Bogor, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Bangka Barat.

3. Kategori Kota Terbaik: Kota Makassar, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Acara ini diharapkan dapat mendorong semangat dan komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Sumber: Puspen Kemendagri, editor: eFHa. 

TrendingMore