Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi: Operasi Ketupat Candi 2024 Berhasil Turunkan Kecelakaan Lalin di Jawa Tengah Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi: Operasi Ketupat Candi 2024 Berhasil Turunkan Kecelakaan Lalin di Jawa Tengah

Advertisement

Advertisement

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi: Operasi Ketupat Candi 2024 Berhasil Turunkan Kecelakaan Lalin di Jawa Tengah

Alfaisti134
, April 19, 2024
Last Updated 2024-04-19T06:18:51Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Semarang - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, bersama Dirlantas Kombes Pol Sonny Irawan, menyampaikan apresiasi terhadap kepatuhan masyarakat terhadap petugas selama Operasi Ketupat Candi 2024. Kepatuhan ini dianggap berperan besar dalam menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Dengan ketaatan dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas serta himbauan petugas di lapangan, kita berhasil menurunkan jumlah kecelakaan dan korban akibat kecelakaan. Ini menunjukkan peningkatan kesadaran dalam berkendara dan mengutamakan keselamatan," ungkap Dirlantas, didampingi Kabidhumas Kombes Pol Satake Bayu, dalam pers rilis di Mapolda Jawa Tengah.


Berdasarkan data rekap Ditlantas Polda Jawa Tengah, selama 14 hari pelaksanaan operasi, terjadi 506 kasus kecelakaan. Angka ini mengalami penurunan signifikan sebesar 43% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang mencatat 880 kasus kecelakaan.

Selain itu, jumlah korban meninggal dunia (MD) juga mengalami penurunan sebesar 57%. Selama OKC 2024, terdapat 23 korban jiwa akibat kecelakaan, dibandingkan dengan 54 korban jiwa pada OKC 2023.

Penerapan kebijakan One Way Lokal di jalur Tol Kalikangkung - Salatiga, selama arus mudik dan balik, menjadi salah satu faktor utama dalam mengurangi kepadatan kendaraan dan menciptakan kelancaran arus lalu lintas di jalan tol.

"Pemberlakuan One Way Lokal ini untuk memberikan kemudahan kepada para pemudik yang melintas di Jawa Tengah. Kami sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam menikmati kebijakan ini," ungkapnya. Jum'at pagi, 19/4.

Selain itu, pengawalan bagi pemudik di jalur arteri Brebes - Rembang juga dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan, terutama bagi pengendara kendaraan roda dua.

Pihak kepolisian juga berhasil menindak 1.416 pelanggaran selama pelaksanaan sistem One Way Ganjil Genap di GT Kalikangkung, dengan menggunakan ETLE Drone dan ETLE Portable.

Pembatasan ganjil genap selama pelaksanaan sistem One Way Nasional juga membantu memecah arus kendaraan di jalan tol, mencegah kemacetan selama arus mudik dan balik.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari pengelolaan dan koordinasi yang baik, serta dukungan dari berbagai pihak. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak sehingga pelaksanaan operasi dapat berjalan dengan baik," tandasnya. eFHa. 

TrendingMore