Jaga Warisan Sejarah, Pj Gubernur Sumsel Kunjungi Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya Jaga Warisan Sejarah, Pj Gubernur Sumsel Kunjungi Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Advertisement

Advertisement

Jaga Warisan Sejarah, Pj Gubernur Sumsel Kunjungi Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Alfaisti134
, April 18, 2024
Last Updated 2024-04-18T15:59:14Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Palembang - Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, tak hanya berkunjung ke Museum Balaputra Dewa, tetapi juga menyempatkan diri ke Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya (TWKS) di Jln. Syakyakirti, Karang Anyar, Gandus, Palembang pada Rabu, 17/4.

TWKS, sebelumnya dikenal sebagai Situs Karanganyar, adalah destinasi wisata bersejarah yang memamerkan peninggalan Kerajaan Sriwijaya, mulai dari puing-puing hingga prasasti. Kawasan ini kaya akan artefak sejarah seperti tembikar, keramik, manik-manik, dan struktur bata yang ditemukan oleh para arkeolog.

Fatoni menyatakan bahwa wilayah Sumatera Selatan, terutama Kota Palembang, memiliki banyak temuan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Dia juga mengajak masyarakat untuk menghargai dan menjaga warisan sejarah ini.

"Pengelolaannya sudah cukup baik, namun juga masih perlu ditingkatkan. Masyarakat yang memiliki peninggalan atau barang kuno bisa menyampaikannya ke museum untuk diteliti dan dikaji guna melengkapi pengetahuan tentang Kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan," ujarnya.

Fatoni juga menekankan pentingnya museum bagi generasi muda untuk memahami sejarah, khususnya tentang kejayaan dan keruntuhannya Kerajaan Sriwijaya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Edward Chandra, MH, Edukator TWKS Diah Anggraini Deliningtias, SS, Kepala UPTD TWKS Nuryasin, SE., M.Si., dan para Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Sumsel. eFHa. 

TrendingMore