Peringatan Nuzulul Quran, Dirjen Dukcapil: Momentum Kebangkitan Umat Islam Peringatan Nuzulul Quran, Dirjen Dukcapil: Momentum Kebangkitan Umat Islam

Advertisement

Advertisement

Peringatan Nuzulul Quran, Dirjen Dukcapil: Momentum Kebangkitan Umat Islam

Alfaisti134
, March 29, 2024
Last Updated 2024-03-29T11:20:42Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Jakarta - Peringatan Nuzulul Quran menjadi momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Bertepatan dengan peristiwa bersejarah Nuzulul Quran, yang menandai turunnya wahyu pertama Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW, acara ini diisi dengan beragam kegiatan yang bertema Al Quran Sebagai Pedoman dan Sumber Sukses Kehidupan Dunia dan Akhirat.

Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi, menegaskan bahwa peringatan ini tidak sekadar menjadi rutinitas biasa, melainkan harus memiliki dampak positif yang berkelanjutan. "Al-Quran sebagai sumber hukum agama hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup umat Islam," ujarnya pada Kamis, 28/3.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Direktur Bina Aparatur Dukcapil, Andi Kriarmoni, serta Ketua DKM Masjid Nurul Falah, Wawan Gunawan. Wawan menyampaikan bahwa selain kegiatan rutin seperti tausiyah dan penyediaan makanan berbuka puasa, masjid juga tengah mengembangkan fasilitasnya, dengan bantuan dari pihak Dirjen Dukcapil.

Di sisi lain, penceramah KH Anas Kurdi menekankan pentingnya ASN untuk menyerap nilai-nilai Al-Quran. "Kita harus mampu membaca nilai-nilai tersirat dan tersurat dari Al Quran," kata Kiai Anas Kurdi.

Dirjen Dukcapil berharap bahwa semangat kecintaan terhadap Al-Quran terus mengalir dalam setiap langkah umat Islam, memperkuat ideologi dan wawasan kebangsaan, serta membangun karakter bangsa dan stabilitas dalam negeri.

TrendingMore