Mahasiswa Sulawesi Tenggara - Jakarta Gelar Aksi Unjuk Rasa Terkait Penutupan Jetty oleh Oknum TNI Mahasiswa Sulawesi Tenggara - Jakarta Gelar Aksi Unjuk Rasa Terkait Penutupan Jetty oleh Oknum TNI

Advertisement

Advertisement

Mahasiswa Sulawesi Tenggara - Jakarta Gelar Aksi Unjuk Rasa Terkait Penutupan Jetty oleh Oknum TNI

Nusantara
, May 30, 2023
Last Updated 2023-05-30T09:12:17Z
Advertisement



Kabar Ngetren/Jakarta - Ratusan anggota Himpunan Mahasiswa Sulawesi Tenggara - Jakarta (HIMA Sultra - Jakarta) mengadakan aksi unjuk rasa untuk mengecam penutupan sejumlah perusahaan dan jetty (Pintu Dermaga Pelabuhan) oleh oknum Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) di Marombo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Aksi tersebut diadakan di Gambir, Jakarta pada hari Selasa siang, 30 Mei 2023, dan dihadiri oleh ratusan anggota HIMA Sultra-Jakarta.


Dalam orasinya, koordinator HIMA Sultra-Jakarta, Eghy Setiawan, menyatakan bahwa TNI sebagai alat keamanan negara memiliki peran, fungsi, dan tugas yang telah diatur berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004. 


Mereka meminta Presiden RI Joko Widodo dan Panglima Tinggi TNI untuk menindaklanjuti tindakan oknum TNI yang telah menghentikan aktivitas jetty di beberapa perusahaan tambang di Konawe Utara tanpa mengikuti prosedur yang seharusnya.


Mereka juga mendesak agar oknum-oknum TNI yang telah mencoreng marwah TNI diusut tuntas, serta meminta Markas Besar TNI untuk mengevaluasi Danrem 143 Haluoleo dan meninjau kembali penutupan jetty di beberapa perusahaan legal di Marombo Konawe Utara yang dilakukan oleh Dandim Konut.


Selain itu, mereka mendesak Ombudsman RI untuk memeriksa Dandim Konut atas dugaan penyalahgunaan wewenang dalam pemberhentian aktivitas di sembilan jetty di Konawe Utara. 


Aksi ini juga bertujuan untuk menghentikan kriminalisasi dan intimidasi terhadap para penambang lokal di Provinsi Sulawesi Tenggara. Mereka berharap bahwa dengan dibukanya kembali jetty tersebut, perekonomian nasional Indonesia dapat berkembang.


HIMA Sultra-Jakarta berharap agar tuntutan mereka mendapatkan perhatian dan tindakan yang sesuai dari pihak terkait, termasuk Presiden Joko Widodo dan Mabes TNI. 


Aksi unjuk rasa ini menjadi wujud dari keprihatinan mereka terhadap kondisi yang terjadi di Konawe Utara dan berupaya untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat lokal serta kemajuan perekonomian daerah tersebut. (eFHa)


TrendingMore