Polri dan Kementerian Perhubungan Kerja Sama Kurangi Kemacetan Jalan Raya Menjelang Idul Fitri Polri dan Kementerian Perhubungan Kerja Sama Kurangi Kemacetan Jalan Raya Menjelang Idul Fitri

Advertisement

Advertisement

Polri dan Kementerian Perhubungan Kerja Sama Kurangi Kemacetan Jalan Raya Menjelang Idul Fitri

Nusantara
, April 18, 2023
Last Updated 2023-04-18T15:20:57Z
Advertisement

 


Kabar Ngetren - Pada hari Selasa, 18 April 2023, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) secara resmi meluncurkan program "Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023", yang menyediakan transportasi gratis bagi 23.000 orang untuk pulang ke kampung halaman mereka selama liburan Idul Fitri. 


Program ini bertujuan untuk mengurangi volume kendaraan di jalan tol dan jalan arteri selama musim liburan. Program ini akan menggunakan 434 bus untuk mengangkut para pemudik ke tempat tujuan, yang meliputi empat provinsi dan 14 kabupaten di Pulau Jawa.


Peluncuran program ini dihadiri oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para pemangku kepentingan lainnya. Sigit menyatakan bahwa program ini merupakan respon dari instruksi Kementerian Perhubungan untuk mengurangi kapasitas jalan tol dan jalan arteri selama musim liburan.



Sigit menekankan bahwa program ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya, sehingga dapat mengurangi kemacetan. Dia menjelaskan bahwa Polri telah melakukan program ini setiap tahun untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga.


Program ini memastikan keamanan para pemudik dengan menyediakan pengawalan polisi sepanjang perjalanan. Kehadiran polisi juga akan membantu mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan.


Sigit juga menyebutkan bahwa program ini tidak hanya akan tersedia selama musim liburan, tetapi juga untuk perjalanan balik. Program ini akan dioptimalkan untuk mengakomodasi sebanyak mungkin orang, tergantung pada kapasitas daerah setempat.


Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyampaikan apresiasinya terhadap program ini dan upayanya untuk mengurangi beban jalan raya. Beliau menyatakan bahwa program ini akan mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pemudik.


Secara keseluruhan, program "Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023" merupakan upaya yang patut dipuji oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan memastikan keselamatan para pemudik selama musim liburan. (eFHa)

TrendingMore