Muhammadiyah Tetapkan Jatuhnya 1 Ramadhan pada 23 Maret 2023 Melalui Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah Tetapkan Jatuhnya 1 Ramadhan pada 23 Maret 2023 Melalui Majelis Tarjih dan Tajdid

Advertisement

Advertisement

Muhammadiyah Tetapkan Jatuhnya 1 Ramadhan pada 23 Maret 2023 Melalui Majelis Tarjih dan Tajdid

Nusantara
, March 22, 2023
Last Updated 2023-03-22T05:58:29Z
Advertisement

 


Kabar Ngetren/Jakarta – Menjelang bulan suci Ramadhan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih dan Tajdid telah menetapkan tanggal jatuhnya 1 Ramadhan. 


Menurut maklumat resmi yang dikeluarkan dengan nomor 1/MLM/I.O/E/2023, hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1444 H telah ditetapkan. Tanggal yang sudah ditetapkan ini akan menjadi panduan bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.


Masjid Muhammadiyah telah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan setelah Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan jatuhnya 1 Ramadhan pada tanggal 23 Maret 2023. 


Salah satunya adalah Masjid At-Taqwa Muhammadiyah di lingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Matraman, yang siap menyambut Tarawih pertama.


Warga Muhammadiyah, Burhani Ulwan (26), menyatakan bahwa Muhammadiyah selalu konsisten dalam hal amal ma'ruf nahi munkar, termasuk dalam penetapan Ramadhan Rabu (22 Maret 2023) yang sudah dia ketahui sejak dia masih sekolah hingga saat ini. 


Dengan penetapan ini, umat Muslim di seluruh Indonesia kini dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menyambut bulan suci Ramadhan.


Menurut Burhani Ulwan, Muhammadiyah paling konsisten dalam penetapan bulan suci Ramadhan. "Meskipun sebenarnya saya lahir dari kalangan bisa dibilang NU. Akan tetapi keyakinan saya ada di Muhammadiyah. Karena semuanya kan tergantung keyakinan kita," ujarnya. 


Selain Muhammadiyah, sehari sebelum penetapan sidang Itsbat, Jemaah Naqsabandiyah di Deli Serdang, Sumatera Utara juga telah melangsungkan shalat tarawih lebih awal. Tampaknya keyakinan warga terus menguat dalam menyambut bulan suci Ramadhan. (Maulana Yusuf)

TrendingMore