Menjelang Ramadhan Petani Mewek Purbalingga Panen Raya Padi Merah Menjelang Ramadhan Petani Mewek Purbalingga Panen Raya Padi Merah

Advertisement

Advertisement

Menjelang Ramadhan Petani Mewek Purbalingga Panen Raya Padi Merah

Nusantara
, March 18, 2023
Last Updated 2023-03-18T06:38:43Z
Advertisement


Para Penebas Padi Warga Mewek Purbalingga. Sumber: ical

Kabar Ngetren/Purbalingga - Petani Mewek di Purbalingga telah memulai panen raya padi merah untuk menyongsong bulan suci Ramadan.


 Suhardjo Sakir, salah satu petani Mewek yang diwawancarai oleh tim redaksi pada Sabtu 18 Maret 2023, mengatakan bahwa dalam fase pertama panen ini, ia berhasil memperoleh sekitar 1.184 Kg dengan menggarap persawahan seluas 125 bahu atau 1.750 m2. 


Meskipun harga jual beras merah masih relatif rendah, yakni sekitar Rp. 5.300 hingga Rp. 5.500 per kilogram dalam keadaan kotor, ia tetap bersyukur.


Meski berhasil menghasilkan keuntungan, Suhardjo berharap pemerintah pusat dapat meningkatkan harga jual beras merah agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan operasional garap sawah di masa yang akan datang. 


Hal ini termasuk dalam biaya pembelian pupuk, obat hama, biaya bajak sawah, dan lain sebagainya.

Dalam menyongsong Ramadan, panen raya padi merah memberikan harapan untuk para petani untuk dapat meraih keuntungan yang cukup. 


Namun, masih banyak tantangan yang harus dihadapi para petani dalam menghasilkan beras merah berkualitas dan mengatasi permasalahan harga jual yang relatif rendah.


Dengan harga jual beras merah yang masih dibawah standar, petani seperti Petani Mewek di Purbalingga harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. 


Namun, dengan semangat pantang menyerah, diharapkan para petani dapat menghasilkan beras merah yang berkualitas dan mendapat harga jual yang lebih baik di masa yang akan datang. (eFHa)


TrendingMore