Kejadian di Purbalingga, Pria Asal Banyumas Berhasil Ditangkap Setelah Mencuri Kotak Amal Masjid dan Musala Kejadian di Purbalingga, Pria Asal Banyumas Berhasil Ditangkap Setelah Mencuri Kotak Amal Masjid dan Musala

Advertisement

Advertisement

Kejadian di Purbalingga, Pria Asal Banyumas Berhasil Ditangkap Setelah Mencuri Kotak Amal Masjid dan Musala

Alfaisti134
, April 17, 2024
Last Updated 2024-04-17T10:55:26Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Purbalingga - Seorang pria yang diduga mencuri kotak amal di Masjid Baitu Salam Desa Klapasawit, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, akhirnya berhasil ditangkap oleh warga pada Rabu siang, 17/4.

Pria tersebut, berinisial GDP warga Desa Sambeng Wetan, Kecamatan Kembaran, Banyumas, diamankan oleh Polsek Kalimanah untuk mencegah terjadinya aksi main hakim sendiri. Kapolsek Kalimanah, AKP Mubarok, menyatakan bahwa pria tersebut telah kepergok warga sedang membongkar kotak amal masjid.


"Meskipun sempat berusaha melarikan diri, namun akhirnya berhasil ditangkap oleh warga dan kemudian diamankan oleh kami untuk mencegah aksi massa," ujar Kapolsek.

Menurut keterangan seorang saksi bernama Jatmi, kejadian terjadi sekitar jam 11.55 WIB saat dia masuk ke Masjid Baitu Salam untuk adzan. Dia melihat seorang pria sedang mencoba membuka kotak amal, namun karena ketahuan, pria tersebut langsung melarikan diri.

Selanjutnya, warga mendapat pengumuman melalui pengeras suara untuk menangkap pelaku yang diketahui mengenakan baju merah dan bertato. Dengan bantuan pengeras suara, warga berhasil menangkap pelaku dan menyerahkannya kepada pihak kepolisian.

Dalam penggeledahan, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti termasuk satu sepeda motor, sebuah tas merah berisi alat-alat bongkar, dan sejumlah uang pecahan. Selain itu, dua kotak amal dalam kondisi rusak juga diamankan, yang diketahui milik Masjid Baitu Salam dan Musala Al Marzuki di Desa Klapasawit.

Kapolsek menegaskan bahwa tersangka sudah diamankan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, dan selanjutnya diserahkan ke Satreskrim Polres Purbalingga untuk proses hukum lebih lanjut. Humas Polres Purbalingga. 

TrendingMore