Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024, Kapolri: Kesiapan Maksimal untuk Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024, Kapolri: Kesiapan Maksimal untuk Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Advertisement

Advertisement

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024, Kapolri: Kesiapan Maksimal untuk Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Alfaisti134
, April 03, 2024
Last Updated 2024-04-03T12:00:53Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Jakarta — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu, 3/4, dengan tujuan memastikan kesiapan seluruh personel dalam mewujudkan arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H yang aman dan nyaman.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan mengerahkan sebanyak 155 ribu personel gabungan TNI, Polri, dan stakeholder terkait lainnya.


Dalam operasi ketupat tahun 2024, Kapolri Sigit menginstruksikan kepada seluruh personel untuk melakukan pengamanan dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Sigit menegaskan bahwa TNI, Polri, dan lintas sektoral terus berupaya dan menyiapkan strategi demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman, termasuk melakukan evaluasi terhadap catatan arus mudik tahun sebelumnya untuk perbaikan pada arus mudik-balik tahun ini.

Selain evaluasi, upaya dan strategi selanjutnya termasuk pengecekan langsung di lokasi arus mudik via darat, udara, dan laut guna mengetahui apa yang harus diperbaiki dan disiapkan untuk menyambut arus mudik dan balik Lebaran.

Untuk mengatasi potensi kemacetan di jalur darat, terutama jalan tol, pihak terkait telah menyiapkan sejumlah strategi rekayasa lalu lintas seperti ganjil-genap, Contraflow, dan One Way yang bersifat situasional. Seluruh pihak terkait juga telah menyiapkan rencana kontijensi terkait potensi perubahan cuaca ekstrem, sehingga apabila jalur mudik terendam banjir, petugas sudah memiliki alternatif yang siap digunakan.

Program-program mudik gratis yang diselenggarakan oleh kementerian/lembaga terkait juga diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan dan memberikan kenyamanan dalam kegiatan mudik. Semua upaya ini akan dievaluasi secara berkala demi memberikan kenyamanan terhadap kegiatan mudik dan menjaga kelancaran arus lalu lintas selama periode tersebut. eFHa. 

TrendingMore