Aksi Nyata Babinsa Doyong Sragen Bantu Petani Tingkatkan Produktivitas Sawah Aksi Nyata Babinsa Doyong Sragen Bantu Petani Tingkatkan Produktivitas Sawah

Advertisement

Advertisement

Aksi Nyata Babinsa Doyong Sragen Bantu Petani Tingkatkan Produktivitas Sawah

Alfaisti134
, April 18, 2024
Last Updated 2024-04-18T09:39:46Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Sragen - Serda Rohmadi, seorang Babinsa dari Desa Doyong, Koramil 16/Miri Kodim 0725/Sragen, telah melakukan aksi nyata dalam memberikan bantuan dalam program Upsus kepada para petani dengan membantu membuat galengan sawah seluas kurang lebih 2300 meter. Pendampingan ini bertujuan untuk mempercepat proses tanam selanjutnya.

Aksi pembuatan galengan sawah dilaksanakan di lahan milik Suwarno, anggota Poktan Dadi Mulyo, Dusun Grabyak, Rt.11, Desa Doyong, Kecamatan Miri, pada hari Kamis, 18/4. Rohmadi berharap kehadirannya dapat memberikan motivasi kepada para petani sehingga semangat mereka dalam bekerja meningkat, yang diharapkan akan berdampak positif pada hasil panen di masa mendatang.


Menurut Rohmadi, proses pembuatan galengan atau pematang sawah dilakukan dengan menggunakan alat cangkul. Mereka mencangkul batas-batas sawah dan membentuk selokan agar air yang digunakan untuk mengairi sawah tidak terhambat. Selain menghemat air, cara ini juga membantu menyuburkan tanah yang akan ditanami. Sistem pembuatan galengan juga berperan sebagai pembatas antara satu sawah dengan sawah lainnya.

Diharapkan, upaya ini tidak hanya meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah tersebut tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan petani dan masyarakat sekitarnya. Agus Kemplu. 

TrendingMore