Polda Jawa Tengah Gelar Rapat Lintas Sektoral Guna Persiapan Mudik Lebaran 2024 Polda Jawa Tengah Gelar Rapat Lintas Sektoral Guna Persiapan Mudik Lebaran 2024

Advertisement

Advertisement

Polda Jawa Tengah Gelar Rapat Lintas Sektoral Guna Persiapan Mudik Lebaran 2024

Alfaisti134
, March 28, 2024
Last Updated 2024-03-28T08:27:15Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Magelang - Polda Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan Rapat Lintas Sektoral di Hotel Artos, Kabupaten Magelang pada Kamis, 28/3, untuk memperkuat sinergitas dan kolaborasi dalam mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1445 H serta arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi, serta dihadiri oleh para Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng, Dandim, Danrem, Kapolres, dan Kepala Daerah se-Jawa Tengah.

Kapolda menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Lintas Sektor tingkat Nasional yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam melayani masyarakat selama Ops Ketupat Candi 2024.


Ops Ketupat Candi 2024 akan melibatkan 12.506 personil gabungan TNI Polri dan stakeholder terkait yang akan ditempatkan di 196 Pos, termasuk Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Terpadu. Selain itu, Polda Jateng juga menyiapkan Tim Strong Point yang akan bergerak secara mobile untuk mengantisipasi kemacetan dan menjaga ketertiban lalu lintas.

Kapolda juga mengeluarkan sejumlah direktif terkait antisipasi peredaran dan penggunaan petasan, pengamanan di tempat wisata, penanganan bencana, serta pengawasan terhadap bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Rapat tersebut juga menggelar tactical floor game untuk memetakan permasalahan dan solusi pengaturan arus lalu lintas pada masa mudik Lebaran, mengingat perkiraan 193 juta warga yang akan memasuki wilayah Jawa Tengah pada masa mudik mendatang.

"Tactical floor game mensimulasikan solusi terhadap permasalahan lalu lintas yang terjadi di jalur tol, jalur tengah, maupun jalur selatan-selatan. Sehingga nanti bila terjadi lonjakan arus, kita sudah siap," tegas Kapolda. eFHa. 

TrendingMore