Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik oleh Tim Universitas Indonesia Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik oleh Tim Universitas Indonesia

Advertisement

Advertisement

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik oleh Tim Universitas Indonesia

Alfaisti134
, March 28, 2024
Last Updated 2024-03-28T09:28:46Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Jakarta - Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, memberikan dukungan penuh kepada tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle Team dalam pembuatan dan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Tim ini telah berhasil menciptakan prototipe mobil listrik bernama Arjuna, yang memiliki bobot ringan karena menggunakan material serat karbon. Arjuna mampu mencapai jarak 194.19 kilometer per kilo watt hour (km/kWh).

"Mobil listrik Arjuna, karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia, telah berhasil memenangkan berbagai kompetisi internasional, termasuk juara pertama dalam kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2022 di Sirkuit Mandalika, dengan jarak tempuh 194 km/kWh," ujar Bambang Soesatyo saat menerima tim tersebut di Jakarta. Kamis, 28/3.


Menurut Bambang Soesatyo, pengembangan kendaraan listrik di Indonesia memiliki prospek yang cerah, terutama dengan Indonesia sebagai produsen nikel terbesar di dunia, yang mendukung industri baterai kendaraan listrik. Dia juga menyoroti pentingnya produksi baterai kendaraan listrik sebagai salah satu tantangan utama dalam mewujudkan Indonesia sebagai pemain utama dalam industri kendaraan listrik.

Indonesia ditargetkan akan menjadi pusat produksi kendaraan listrik dan fokus pada produksi dalam negeri, sesuai dengan target pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk memproduksi 2,5 juta unit motor listrik dan 300 ribu mobil listrik pada tahun 2030.

Bambang Soesatyo juga menegaskan pentingnya mendukung kreativitas anak bangsa dalam menciptakan kendaraan listrik dan berharap tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle Team dapat meraih juara pertama pada ajang Shell Eco Marathon 2024 di Sirkuit Mandalika. eFHa. 

TrendingMore