Pemilik Mobil Harus Tahu, Pahami Tanda tanda Dinamo Ampere Mobil Mulai Rusak Pemilik Mobil Harus Tahu, Pahami Tanda tanda Dinamo Ampere Mobil Mulai Rusak

Advertisement

Advertisement

Pemilik Mobil Harus Tahu, Pahami Tanda tanda Dinamo Ampere Mobil Mulai Rusak

Aji Nss
, December 08, 2023
Last Updated 2023-12-08T06:18:59Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Jakarta - Hi sobat ngetrens, pernah gak sih pas lagi macet macetnya tiba tiba mobil mati dan gak bisa di Starter lagi? Semua orang tentu akan panik di tambah keringat bercucuran. Itu di karenakan dinamo ampere mobil sobat ngetrens rusak.

Nah, jika sobat ngetrens mengalami hal tersebut enggak usah panik. Karena tim sobat ngetrens akan membagikan gejala-gejala dinamo ampere yang mulai rusak atau enggak berfungsi.

Dinamo Ampere atau alternator merupakan komponen yang cukup penting guna menjaga keawetan aki pada mobil.

Pasalnya, komponen ini yang mengisi daya aki secara otomatis ketika mesin dihidupkan. Sehingga, ketika komponen ini bermasalah maka aki akan cepat tekor.

Lantas, apa saja sih tanda-tanda dinamo ampere mengalami masalah?

Mekanik Shop & Drive Kebayoran Baru Afdal Nur Halim, mengatakan ada beberapa tanda dinamo ampere bermasalah.

“Tanda yang paling jelas bisa dilihat dari lampu indikator baterai yang ada di layar informasi, jika lampu berbentuk aki berwarna merah ini menyala ketika mesin sedang hidup, maka ini bisa menjadi tanda pengisian aki tidak benar,” ucap Afdal kepada KabarNgetren.com, Kamis (7/12/2023).

Dia mengatakan lampu tersebut akan menyala bila pengisian daya aki terlalu kecil atau terlalu besar.

“Pengisian aki kan berkisar 13-14,5 volt, bila kurang atau lebih dari itu maka lampu indikator aki akan menyala, itu bisa menjadi tanda bahwa dinamo ampere bermasalah,” kata Afdal.

Menurutnya hal pertama yang perlu diperiksa ketika lampu tersebut menyala adalah memastikan drive belt terhubung.

“Jika drive belt putus atau lepas, maka dinamo ampere tidak akan berputar, sehingga wajar saja jika lampu indikator aki menyala,” sambung Afdal.

Hal yang sama juga akan terjadi bila alternator tidak mampu menghasilkan daya listrik yang cukup untuk mengisi aki.

“Bila drive belt masih terhubung, maka dapat dipastikan dinamo ampere bermasalah, atau bisa memastikan bahwa voltase pengisian aki kurang dari 13 ampere atau sama saja tidak ada daya pengisian,” pungkasnya.

Apabila dinamo ampere yang rusak akan membuat aki mudah mengalami tekor. Hal itu sudah menjadi hukum alam karena daya listrik terpakai tapi aki enggak ada yang mengisi daya listrik.

Jika aki sudah tekor pemilik mobil kudu merogoh kocek yang dalam, karena selain mengganti dinamo ampere, sudah di pastikan mengganti aki juga yang kedua part tersebut harganya enggak murah.

Jadi, tanda dinamo ampere bermasalah bisa dilihat dari lampu indikator aki yang menyala saat mesin hidup, atau aki yang mudah tekor. (Aji Nss)

TrendingMore