Satgas Mobile Raider 300 Tanamkan Jiwa Merah Putih Usia Dini Satgas Mobile Raider 300 Tanamkan Jiwa Merah Putih Usia Dini

Advertisement

Advertisement

Satgas Mobile Raider 300 Tanamkan Jiwa Merah Putih Usia Dini

Tim Redaksi
, November 22, 2023
Last Updated 2023-11-22T04:29:02Z
Advertisement


KabarNgetren/Puncak Papua - Satgas Mobile Raider 300 memberikan edukasi pembentukan jiwa patriotisme sejak dini yang merupakan proses efek psikologis kepada putra-putri Papua yang timbul dari kegiatan PBB (Peraturan Baris Berbaris).

"Di daerah, Satgas Kami ini masih minim tenaga pengajar pendidikan, hal ini disebabkan karena daerah yang masih susah diakses dengan kendaraan, dengan hadirnya anggota Raider 300, kami selaku Dansatgas memerintahkan tiap-tiap Pos untuk terus mengajak dan mengajarkan untuk Cinta Tanah Air". Ucap Dansatgas Mobile Raider 300 Kodam III Slw, Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga S.I.P, disela-sela kegiatannya. Puncak Papua. Rabu Pagi. 22/11/2023.
 
Dalam kurun waktu 5 bulan, lanjut Dansatgas, menerangkan, Satgas Mobile Raider 300 berada di Papua terus memberikan kegiatan-kegiatan yang baru didapatkan oleh Masyarakat Papua.

"Suksesnya setiap program yang diberikan memiliki kesiapan tersendiri, seperti program yang ada di Pos Pintu Jawa Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi yaitu Hidup sehat, disiplin dan taat beragama". Ungkap Dansatgas Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga.

Lanjut Dansatgas, menguraikan, Pos Pintu Jawa berada di perbatasan Kabupaten Puncak-Kabupaten Puncak Jaya, berada di tengah-tengah dari Distrik yang mempunyai bandara yaitu Distrik Sinak dan Distrik Mulia tepatnya di Distrik Mageabumek.

"Distrik Mageabumek memiliki 12 Kampung dan 11 Gereja, letaknya yang berada di perbatasan antar Kabupaten seharusnya memiliki jalur bagus akan tetapi tanah yang labil sehingga sering terjadi longsor diberbagai titik". Imbuh Dansatgas.

Sementara itu, Menurut keterangan Danpos Pintu Jawa, Lettu. Inf. Dody Suyono, mengatakan, Awal-awal bulan pergantian dengan Satgas sebelumnya, kami mengumpulkan beberapa Tokoh agama dan Tokok Masyarakat untuk diajak diskusi tentang keadaan masyarakat sekitar.

"Mulai dari kondisi jalur akses yang mudah longsor, kebiasaan-kebiasaan mereka, kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan juga keperluan yang dibutuhkan, dengan informasi-informasi dari mereka maka Kami membuat program tersebut". Kata Danpos Lettu. Inf. Dody Suyono.

Danpos Dody, menegaskan, Pola hidup sehat, disiplin dan taat beragama menjadi Program andalan Satgas Mobile Raider 300 yang ada di Pos Pintu Jawa, melakukan berbagai kegiatan teritorial didaerah terpencil dengan tujuan mengubah pola hidup dan mindset masyarakat Papua menjadi tujuan utama.

"Program ini mendapatkan respon yang baik dari berbagai Kepala Kampung dan juga Para Pendeta yang ada di Distrik Mageabumek". Tutur Danpos Lettu. Inf. Dody Suyono.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kampung Amulume, Yatep Telenggen menguraikan, Kitorang lihat su banyak perubahan baik dari Masyarakat Papua, disiplin untuk bersih-bersih, sopan sama tete-tete (sebutan orang tua) juga kitorang lihat banyak pelajaran baru tentang Indonesia. red.

TrendingMore