Kekeringan Terusan Panama dan El Nino Berdampak Pada Ekonomi Indonesia Kekeringan Terusan Panama dan El Nino Berdampak Pada Ekonomi Indonesia

Advertisement

Advertisement

Kekeringan Terusan Panama dan El Nino Berdampak Pada Ekonomi Indonesia

Nusantara
, September 05, 2023
Last Updated 2023-09-05T13:21:36Z
Advertisement

Kekeringan Terusan Panama dan El Nino Berdampak Pada Ekonomi Indonesia

Kabar Ngetren - Saat ini, dunia sedang menghadapi dua tantangan besar yang saling terkait: keringnya Terusan Panama dan fenomena cuaca El Niño yang sedang berlangsung. Kedua peristiwa ini memiliki dampak serius pada ekonomi global, termasuk Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan bagaimana keringnya Terusan Panama dan El Niño berhubungan satu sama lain dan bagaimana dampaknya mempengaruhi Indonesia serta ekonomi global.

El Niño adalah fenomena cuaca alam yang terjadi ketika suhu permukaan laut di Samudra Pasifik Tengah menjadi lebih hangat dari biasanya. Salah satu dampak El Niño adalah perubahan pola hujan dan cuaca ekstrem di berbagai belahan dunia. Saat ini, El Niño telah menyebabkan kondisi kering di banyak wilayah, termasuk di Terusan Panama.

Keringnya Terusan Panama, yang disebabkan oleh El Niño, telah memiliki dampak langsung pada Indonesia. Sebagai negara dengan ketergantungan kuat pada perdagangan internasional, Indonesia mengalami Kenaikan Harga Barang. Kapal harus menunggu lebih lama untuk transit di Terusan Panama yang terhambat, meningkatkan biaya angkutan laut dan berpotensi mendorong kenaikan harga barang.

Disamping itu, Gangguan dalam Pergerakan Ekspor-Import sehingga ratusan kapal yang terjebak macet di Terusan Panama menghambat pergerakan ekspor dan impor Indonesia, mengganggu aktivitas ekonomi.

Selain itu, Impor minyak mentah dan batu bara semakin rumit, dapat mengganggu pasokan energi dan berdampak pada harga energi di dalam negeri.

Kekeringan Terusan Panama yang dipicu oleh El Niño adalah contoh konkret bagaimana perubahan iklim dapat memiliki dampak serius pada infrastruktur dan ekonomi global. Ini juga menjadi peringatan bahwa kita harus lebih proaktif dalam menghadapi krisis lingkungan seperti El Niño dan mempertimbangkan tindakan preventif untuk mengurangi kerugian ekonomi.

Keringnya Terusan Panama dan El Niño adalah dua tantangan ganda yang mempengaruhi Indonesia dan ekonomi global saat ini. Hubungan antara fenomena cuaca seperti El Niño dan dampaknya pada infrastruktur dan perdagangan internasional menunjukkan perlunya kerja sama global dalam menjaga stabilitas ekonomi dunia dan mengambil tindakan preventif untuk menghadapi perubahan iklim yang semakin ekstrem. Indonesia, bersama dengan negara-negara lain, harus mempersiapkan diri untuk mengatasi tantangan ini dengan cara yang berkelanjutan dan proaktif. (red)



TrendingMore