Ribuan Nakes Berkumpul di Jakarta: Menolak Pencabutan UU Keperawatan dan Substansi RUU Kesehatan Ribuan Nakes Berkumpul di Jakarta: Menolak Pencabutan UU Keperawatan dan Substansi RUU Kesehatan

Advertisement

Advertisement

Ribuan Nakes Berkumpul di Jakarta: Menolak Pencabutan UU Keperawatan dan Substansi RUU Kesehatan

Nusantara
, May 08, 2023
Last Updated 2023-05-08T13:08:20Z
Advertisement

 


Kabar Ngetren/Jakarta – Pada hari Senin, 8 Mei 2023, terjadi aksi massa di sekitar Patung Kuda hingga Monas di DKI Jakarta. Massa aksi tersebut terdiri dari ribuan tenaga kesehatan yang telah berkumpul sejak pukul 07.35 WIB.


Dalam aksinya, para tenaga kesehatan menuntut hal-hal sebagai berikut:

Pertama, PPNI menolak pencabutan UU Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan yang dibahas dalam RUU Kesehatan. Menurut PPNI, mencabut UU Keperawatan sama dengan mencabut roh perawat.

Kedua, PPNI menolak substansi RUU Kesehatan karena dianggap tidak membuat pelayanan keperawatan menjadi lebih baik.

Ketiga, para tenaga kesehatan menuntut pemerintah untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak perawat Indonesia dan masyarakat.


Ribuan tenaga kesehatan yang tergabung dalam aksi ini berasal dari organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). (Maulana Yusuf)





TrendingMore