Ramadan dan Kemenangan Islam: Perjuangan Membela Diri Hingga Penaklukan Kota Suci Mekah Ramadan dan Kemenangan Islam: Perjuangan Membela Diri Hingga Penaklukan Kota Suci Mekah

Advertisement

Advertisement

Ramadan dan Kemenangan Islam: Perjuangan Membela Diri Hingga Penaklukan Kota Suci Mekah

Nusantara
, April 01, 2023
Last Updated 2023-04-08T07:35:16Z
Advertisement


Kabar Ngetren - Sahabat kabar ngetren, Bulan suci Ramadan bukan hanya sekadar menahan lapar, haus, dan hawa nafsu bagi umat Muslim. 


Sejarah membuktikan bahwa Ramadan juga menjadi bulan penuh kemenangan dan pencapaian besar bagi kaum Muslimin. Melalui beberapa peperangan dahsyat, umat Islam berhasil mengukir sejarah dalam bulan yang penuh berkah ini. 


Berikut empat peristiwa besar dalam sejarah umat Islam selama bulan Ramadan:


Pertempuran Badar menjadi bukti perjuangan umat Islam menentang kemusyrikan dan kebatilan. 


Meskipun kalah dalam jumlah dan persenjataan, hanya 313 orang dengan 8 pedang, 6 baju perang, 70 ekor unta, dan 2 ekor kuda melawan 1000 pasukan Quraisy yang mempersenjatai diri lengkap dengan 600 persenjataan, 700 onta, dan 300 kuda. 


Namun, atas izin Allah, umat Islam meraih kemenangan.


Penaklukan kota Mekah pada tahun 8 Hijriyah juga menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. 


Dalam perang ini, Rasulullah membawa 10.000 pasukan dan berhasil menaklukkan kota Mekah yang sebelumnya menyalahi perjanjian Hudaibiyah.


Penaklukan Nubia pada tahun 31 Hijriyah oleh Abdullah bin Abizar membawa umat Islam memenangkan perang dengan Nubia di Mesir Selatan. 


Perjanjian yang dihasilkan juga membuka kesempatan untuk penyebaran dakwah Islam di Afrika timur.


Penaklukan Andalusia pada tahun 91 Hijriyah juga menjadi peristiwa besar dalam sejarah umat Islam. 


Dipimpin oleh Thariq bin Ziyad, umat Muslim berhasil menaklukkan Andalusia dan mempertahankannya selama 800 tahun.


Dengan merujuk pada sejarah ini, kaum Muslimin diharapkan untuk terus mempertahankan perjuangan selama bulan Ramadan dengan melakukan amal kebaikan demi meraih kemenangan di hari yang fitri. 


Ramadan bukan hanya sekadar menahan diri dari makanan dan minuman, namun juga menjadi momen bersejarah bagi umat Islam dalam meraih kemenangan atas kebatilan dan musuh-musuh Islam. (eFHa)

TrendingMore