Petani Mewek Kidul Manfaatkan Momen Lebaran untuk Memulai Penanaman Padi Petani Mewek Kidul Manfaatkan Momen Lebaran untuk Memulai Penanaman Padi

Advertisement

Advertisement

Petani Mewek Kidul Manfaatkan Momen Lebaran untuk Memulai Penanaman Padi

Nusantara
, April 24, 2023
Last Updated 2023-04-24T09:11:40Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Purbalingga –
 Momen Lebaran 1444 H dimanfaatkan oleh para petani Mewek Kidul untuk memulai penanaman padi di Purbalingga. Berbeda dengan masyarakat pada umumnya yang melakukan silaturahmi, para petani ini fokus pada persiapan tanam.


Sardi, seorang petani Mewek Kidul yang ditemui di lokasi persawahan pada hari Senin siang, mengatakan bahwa selama Ramadan kemarin, tanah sudah diistirahatkan selama sebulan. Oleh karena itu, pada momen Lebaran ini, para petani sudah memulai menanam benih padi.


Sardi menjelaskan bahwa untuk lahan garapannya yang seluas setengah bahu atau sekitar 3.500 m2, dibutuhkan sekitar 20 Kg bibit benih padi. Ia juga menyatakan bahwa area garapannya masih mendapat cukup debit air hingga akhir musim pancaroba nanti. Selain itu, Sardi mengatakan bahwa mendapatkan pupuk saat ini sangat mudah bagi mereka, karena sebagai Buruh Tani dari UTPD Pembenihan Kelurahan Mewek, mereka memiliki akses mudah untuk memperoleh pupuk.


Meskipun demikian, Sardi pasrah terhadap hasil panen nanti, karena ia percaya bahwa rejeki telah diatur oleh Tuhan. Yang terpenting bagi Sardi adalah tetap istiqomah dalam menjalani proses menanam dan panen. Tutupnya. (eFHa)

TrendingMore