Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas pada Arus Mudik dan Balik 2023 Turun Drastis, Menko PMK Berterima Kasih pada Polri dan Instansi Terkait Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas pada Arus Mudik dan Balik 2023 Turun Drastis, Menko PMK Berterima Kasih pada Polri dan Instansi Terkait

Advertisement

Advertisement

Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas pada Arus Mudik dan Balik 2023 Turun Drastis, Menko PMK Berterima Kasih pada Polri dan Instansi Terkait

Nusantara
, April 25, 2023
Last Updated 2023-04-25T02:38:15Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Semarang - Muhadjir Effendi, Menko PMK, memberikan apresiasi pada jajaran Polri dan instansi terkait dalam penanganan arus mudik dan balik pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2023. Muhadjir melihat adanya penurunan yang drastis pada data kecelakaan lalu lintas dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sehingga memberikan apresiasi tersebut.


"Penanganan tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu. Tentunya ini berkat kerja keras semua pihak, khususnya jajaran Polri sampai tingkat bawah, Jasa Marga, pengelola jalan tol, dan pemerintah daerah," ujar Muhadjir saat membuka secara resmi one way arus balik di pintu tol Kalikangkung, Semarang pada tanggal 24 April 2023.


Menurut Muhadjir, jumlah warga yang terlibat kecelakaan lalu lintas pada saat mudik tahun 2023 mengalami penurunan sebesar 39 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, terdapat 3573 orang yang terlibat kecelakaan lalu lintas saat mudik, sedangkan pada tahun 2023, jumlah tersebut turun menjadi 2117 orang.


"Mengenai korban meninggal mulai H-5 hingga hari H Idul Fitri, jumlahnya turun 72 persen. Berdasarkan data, korban meninggal berjumlah 164 orang. Sedangkan tahun lalu terdapat 583 orang," rincinya.


Sedangkan korban luka akibat kecelakaan lalu lintas, turun 33 persen dari 2990 orang pada mudik tahun 2022 menjadi 2013 orang di tahun 2023. Selain memberikan apresiasi pada jajaran Polri dan instansi terkait, Muhadjir juga memberikan apresiasi atas peran media massa yang telah membantu menyebarkan informasi terkait arus mudik dan balik kepada masyarakat.


"Informasi dari media juga sangat membantu pengambilan kebijakan terkait pengamanan mudik ini. Kami sangat terbantu berkat informasi yang diberikan media, karena itu kami memberikan apresiasi," tandasnya. (eFHa)

TrendingMore