Polda Jateng Beri 'Terapi Air' untuk Selamatkan Tanaman dari Dampak Erupsi Gunung Merapi Polda Jateng Beri 'Terapi Air' untuk Selamatkan Tanaman dari Dampak Erupsi Gunung Merapi

Advertisement

Advertisement

Polda Jateng Beri 'Terapi Air' untuk Selamatkan Tanaman dari Dampak Erupsi Gunung Merapi

Nusantara
, March 16, 2023
Last Updated 2023-03-16T11:06:14Z
Advertisement


 

Kabar Ngetren/MAGELANG - Polda Jateng di bawah kepemimpinan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan tindakan antisipatif untuk mengatasi dampak erupsi Gunung Merapi. 


Polda Jateng menyiapkan suplai air bersih bagi masyarakat yang terdampak erupsi dengan melakukan penyemprotan menggunakan rantis Water Canon pada pemukiman dan jalan umum yang terkena abu vulkanis Merapi. 


Water treatment juga dilakukan pada tanaman petani dan rumput untuk pakan ternak yang terkena abu. Hal ini menjadi prioritas karena petani cabai menjelang panen raya.


Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, Sebagai langkah kontijensi paska erupsi Merapi, Polda Jateng menggelar Operasi Aman Nusa II pada 12 Maret lalu yang pelaksanaannya dilakukan secara sinergi dengan stakeholder terkait. 


Selain suplai air bersih, berbagai bantuan juga telah diserahkan seperti layanan kesehatan, bahan kebutuhan pokok, tenda pengungsian, dapur umum, dan sebagainya.


Selain memberikan bantuan kemanusiaan, Polda Jateng juga melakukan upaya untuk mencegah gagal panen yang disebabkan oleh abu vulkanis Merapi. 


Tindakan antisipatif yang dilakukan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak erupsi dan meminimalisir dampak yang lebih parah di masa yang akan datang. (eFHa)

sumber: Bidhumas Polda Jateng




TrendingMore