Meningkatkan Kualitas Pengajar Al Qur'an di Purbalingga Melalui Diklat Thoriqoh Yanbu'a Meningkatkan Kualitas Pengajar Al Qur'an di Purbalingga Melalui Diklat Thoriqoh Yanbu'a

Advertisement

Advertisement

Meningkatkan Kualitas Pengajar Al Qur'an di Purbalingga Melalui Diklat Thoriqoh Yanbu'a

Nusantara
, March 11, 2023
Last Updated 2023-03-11T08:47:12Z
Advertisement


Rangkaian Kegiatan Bimbingan Thoriqoh Yanbu'a, Sumber: Ical

Kabar Ngetren/Purbalingga –  Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Qur'an (Badko LPQ) Kabupaten Purbalingga mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Thoriqoh Yanbu'a pada 11 Maret 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Purbalingga, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purbalingga, serta perwakilan dari berbagai Badko dan Lajnah Muroqobah Yanbu'a.


Dalam acara ini, Ketua Badko Kabupaten Purbalingga, Syarif Hidayat, menekankan pentingnya peningkatan kualitas dan tanggung jawab para Muqri (pengajar Al Qur'an) dalam menyampaikan pembelajaran Al Qur'an secara benar dan tepat. Hal ini penting mengingat sekitar 1.200 TPQ dan 3.280 Muqri di Purbalingga.


Kepala Kemenag Kabupaten Purbalingga, Muhammad Syafi, S. Ag., menegaskan bahwa dalam thoriqoh Yanbu'a, penting untuk menjaga keseriusan, fokus, dan konsentrasi agar dapat mengucapkan huruf-huruf dan melafazkan kalimat-kalimat Al Qur'an dengan baik, benar, dan tepat. Menurutnya, jika pengucapan hurufnya tidak benar, maka dapat mempengaruhi arti dan makna dari ayat-ayat Al Qur'an. 

Oleh karena itu, membaca Al Qur'an seharusnya dengan cara yang tepat dan sesuai dengan ketentuan dalam Al Qur'an, seperti yang terdapat dalam ayat "warotil Qur'ana tartilah" yang berarti "dan bacalah Al Qur'an dengan tartil". Beliau berharap para Muqri Yanbu'a dapat mengajarkan kepada santri-santrinya untuk membaca Al Qur'an dengan cepat, tepat, dan lancar, sehingga dapat menghemat waktu dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran.


Jika kita ingin membaca Al Qur'an dengan benar, maka keseriusan, fokus, dan konsentrasi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Demikianlah pesan yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Purbalingga pada acara Diklat Thoriqoh Yanbu'a tersebut. 

Acara yang diikuti oleh 700 para Muqri se-Purbalingga ini digelar di Aula Serbaguna Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga pada tanggal 11 Maret 2023. (eFHa)




TrendingMore