Kapolri Lakukan Rotasi Besar-besaran, 473 Pejabat Termasuk Pamen Polda Jateng Diganti Kapolri Lakukan Rotasi Besar-besaran, 473 Pejabat Termasuk Pamen Polda Jateng Diganti

Advertisement

Advertisement

Kapolri Lakukan Rotasi Besar-besaran, 473 Pejabat Termasuk Pamen Polda Jateng Diganti

Nusantara
, March 30, 2023
Last Updated 2023-03-30T00:01:54Z
Advertisement



Kabar Ngetren/Semarang - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru-baru ini melakukan mutasi jabatan besar-besaran di lingkungan Polri. Sebanyak 473 personel dari berbagai jenjang, mulai dari pati hingga pamen, dipindahkan ke jabatan baru.


 Terdapat keputusan mutasi yang dibuat dalam 4 surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/712/III/Kep./2023, ST/713/III/Kep./2023, ST/714/III/Kep./2023, dan ST/715/III/Kep./2023, semuanya tertanggal 27 Maret 2023 dan ditandatangani oleh Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Mutasi ini juga berdampak pada sejumlah jabatan di Polda Jateng. Beberapa Kapolres dan pejabat utama dirotasi karena promosi jabatan atau memasuki masa purna tugas. Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan bahwa mutasi jabatan di lingkungan Polri merupakan hal yang biasa dalam dinamika berorganisasi.


"Benar ada empat surat telegram terkait mutasi jabatan yang diterbitkan oleh Kapolri dan beberapa pejabat di Polda Jateng mengalami pergantian," demikian disampaikan Iqbal pada hari Rabu (29/3/2023).


Sejumlah pejabat yang mengalami pergantian antara lain Kombes Pol Mukiya Kabidpropam Polda Jateng yang memasuki masa purna tugas, digantikan oleh Kombes Pol Aris Supriyono yang sebelumnya menjabat Kapolresta Sleman Polda DIY.


Beberapa pejabat lainnya yang mengalami pergantian antara lain AKBP Yuswanto Ardi yang sebelumnya menjabat Wakapolrestabes Semarang, kini menjabat sebagai Kapolresta Sleman Polda DIY. AKBP Edhi Cahyono, Kabagbinkar Biro SDM Polda Jateng, dipromosikan menjadi Dosen Utama Akpol, dan posisinya diisi oleh AKBP Budi Adhy Buwono yang sebelumnya menjabat Kapolres Demak.


Pergantian jabatan juga terjadi di beberapa daerah lainnya, seperti Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo yang dipromosikan menjadi Wakapolresta Bogor, posisinya digantikan oleh Kapolres Jepara AKBP Warsono. Jabatan Kapolres Jepara diganti oleh AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang sebelumnya menjadi Kapolres Sukoharjo.


Sedangkan AKBP Dandy Ario Yustiawan, Kapolres Rembang, mendapat promosi jabatan menjadi Wakapolresta Pati. Kapolres Pekalongan AKBP DR Arief Fajar Satria juga mendapat promosi jabatan, dan kini diangkat menjadi Wakapolresta Cilacap.


Selain itu, terdapat satu pejabat dari Polda Jateng yang memperoleh promosi jabatan Kapolres di Polda DIY, yaitu AKBP Nunuk Setiyowati yang sehari-hari menjabat Kasubdit Satpampolsus Ditbinmas Polda Jateng, dan kini diangkat menjadi Kapolres Kulon Progo.


Sementara itu, sejumlah pejabat Kapolres dari Polda Jatim juga akan mengisi jabatan baru di Jateng, seperti AKBP Rahman Wijaya, Kapolres Tuban, yang dipromosikan menjadi Wadirlantas Polda Jateng, AKBP Catur Cahyono Wibowo, Kapolres Ponorogo, yang kini menjabat sebagai Wakapolresta Surakarta, serta AKBP Wiwit Ari Wibisono, Kapolres Bangkalan, yang mengisi jabatan Wakapolrestabes Semarang.


Pergantian jabatan di lingkungan kepolisian ini merupakan bagian dari rotasi jabatan yang rutin dilakukan untuk memperkuat tata kelola organisasi dan meningkatkan kinerja institusi. (eFHa)

TrendingMore