Penerapan Sistem One Way dan Contra Flow di Jalur Arus Balik Libur Lebaran 2024 Dimulai Penerapan Sistem One Way dan Contra Flow di Jalur Arus Balik Libur Lebaran 2024 Dimulai

Advertisement

Advertisement

Penerapan Sistem One Way dan Contra Flow di Jalur Arus Balik Libur Lebaran 2024 Dimulai

Alfaisti134
, April 13, 2024
Last Updated 2024-04-13T11:12:47Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Semarang - Pemerintah telah memulai kebijakan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem satu arah atau one way pada arus balik libur Lebaran 2024. Kebijakan ini diterapkan mulai dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali. Sejumlah pejabat, termasuk Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, hadir di Gerbang Tol Kalikangkung untuk membuka sistem one way tersebut. Sabtu, 13/4.

Menurut Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, keputusan ini diambil setelah rakor di Km 70. Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dan Menhub Budi Karya secara resmi membuka sistem one way dengan pengawalan petugas, memungkinkan kendaraan dari Tol Kalikangkung bergerak menuju arah Jakarta tanpa hambatan.


Sebagai persiapan, polisi telah melakukan sterilisasi jalur tol dari barat ke timur sebelum penerapan sistem one way dimulai. 

Kakorlantas menambahkan bahwa sistem contra flow juga akan diterapkan hingga Km 47, sementara pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap juga akan dilakukan.

Dalam upaya menjaga keamanan, petugas akan melakukan patroli setiap 30 menit sepanjang jalur contra flow. Peningkatan jumlah pembatas dan water barrier juga dilakukan untuk menjaga keamanan kendaraan.

Masyarakat diimbau untuk tidak berhenti di bahu jalan saat beristirahat, melainkan memanfaatkan rest area dan pos polisi yang tersedia. Faktor kelelahan juga diingatkan dapat meningkatkan potensi terjadinya insiden di jalan, sehingga masyarakat diminta untuk menjaga toleransi dan menghormati pengguna jalan lainnya.

Diharapkan dengan penerapan kebijakan ini, perjalanan ke arah barat dapat berlangsung lancar dan selamat sampai tujuan. eFHa. 

TrendingMore