Penerapan Sistem One Way Arus Balik 2024 Dimulai Besok di Semarang, Polda Jateng: Pastikan Kendaraan dan Pengemudi dalam Keadaan Baik Penerapan Sistem One Way Arus Balik 2024 Dimulai Besok di Semarang, Polda Jateng: Pastikan Kendaraan dan Pengemudi dalam Keadaan Baik

Advertisement

Advertisement

Penerapan Sistem One Way Arus Balik 2024 Dimulai Besok di Semarang, Polda Jateng: Pastikan Kendaraan dan Pengemudi dalam Keadaan Baik

Alfaisti134
, April 12, 2024
Last Updated 2024-04-12T07:12:42Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Semarang - Mulai besok, Sabtu siang, 13/4, Penerapan Sistem One Way Arus Balik 2024 akan dimulai di wilayah Semarang. Rombongan arus balik direncanakan akan dilepas langsung oleh Kakorlantas di GT Kalikangkung pada pukul 14.00 WIB.

Kombes Pol Satake Bayu dari Kabidhumas Polda Jateng menyampaikan hal ini dalam keterangannya di Mapolda Jateng pada Jum'at pagi,12/4. Keputusan tersebut didasarkan pada hasil Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin oleh Menko PMK dan Menhub di KM 70 Cikampek pada Kamis, 11/4.


Penerapan sistem ini bertujuan untuk menyesuaikan jumlah dan kepadatan arus kendaraan yang melintas. Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu, 13-14/4.

Untuk menghindari kemacetan, masyarakat yang akan pulang dihimbau untuk mengatur jadwal kepulangan mereka dengan baik. Penting juga untuk memastikan bahwa kartu tol mereka terisi cukup agar tidak terjadi kemacetan di gerbang tol.

Bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan travel, disarankan untuk selektif dalam memilih kendaraan dan pengemudi. Pengemudi juga diingatkan untuk tidak mengemudi terlalu lama guna menghindari kelelahan dan risiko kecelakaan.

Penting untuk memilih kendaraan yang fit dan pengemudi yang bugar, serta untuk beristirahat setelah 4 jam berkendara. Pos polisi tersebar sepanjang jalur dapat digunakan untuk beristirahat sejenak bila merasa lelah.

Meskipun beberapa masyarakat masih menikmati liburan dengan berkunjung ke tempat wisata, keamanan dan keselamatan tetap menjadi prioritas. Masyarakat diingatkan untuk selalu mematuhi himbauan dan arahan petugas di lapangan.

"Prinsip kami adalah keamanan dan keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas, selain kelancaran dan ketertiban berlalu lintas," pungkas Kombes Pol Satake Bayu. eFHa. 

TrendingMore