Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024, Polda Jateng Siap Amankan Arus Mudik Lebaran Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024, Polda Jateng Siap Amankan Arus Mudik Lebaran

Advertisement

Advertisement

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024, Polda Jateng Siap Amankan Arus Mudik Lebaran

Alfaisti134
, April 03, 2024
Last Updated 2024-04-03T10:32:08Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Semarang - Polda Jawa Tengah (Jateng) bersiap untuk menjamin keamanan masyarakat yang melakukan mudik di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, setelah memimpin Apel Gabungan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di Kodam IV Diponegoro pada Rabu pagi. 3/4.

Apel Gabungan Gelar Pasukan dihadiri oleh ribuan personel dari Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro, Polrestabes Semarang, Kodim Kota Semarang, Dishub, dan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah. Kapolda Jateng bertindak sebagai inspektur upacara, didampingi oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi dan Sekda Provinsi Jateng Sumarno.


Menurut Kapolda Jateng, Apel gelar pasukan ini merupakan puncak dari kesiapan untuk mengamankan arus mudik masyarakat di Jawa Tengah. Operasi kepolisian dengan sandi "Ketupat Candi 2024" akan berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 3 hingga 16 April 2024.

"Sebanyak 12.506 personel gabungan TNI Polri dan pihak terkait telah ditempatkan di 142 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu di seluruh Jawa Tengah," ungkap Kapolda.

Untuk memastikan keamanan pemudik yang melintas di Jalur Pantura Brebes-Rembang, pihaknya akan mengawal pemudik secara estafet di setiap Checkpoint di masing-masing kabupaten.

"Pengawalan roda dua akan dimulai dari checkpoint Brebes estafet sampai ke Rembang. Ini dilakukan demi keselamatan masyarakat yang melakukan mudik," jelas Kapolda.

Pengawalan serupa juga akan diterapkan untuk pemudik yang melintas di jalur tengah, jalur selatan, dan jalur Daendels. Jalur Tol Trans Jawa menjadi fokus utama pengamanan, dengan penerapan One Way Nasional dari GT Cikatama hingga GT Kalikangkung, mulai tanggal 5 hingga 9 April 2024.

Selain itu, jalur fungsional Solo-Jogja telah disiapkan untuk dilalui pemudik, meskipun penggunaannya akan dibatasi karena masih dalam tahap konstruksi.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik yang berwisata di Jawa Tengah, pihaknya juga telah menyiapkan pos pengamanan di 43 destinasi wisata masyarakat.

"Kami siap untuk menjamin keamanan masyarakat yang melakukan mudik di Jawa Tengah," tegas Kapolda. eFHa. 

TrendingMore