Polda Jateng Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024, Menhub Apresiasi Kesiapan Polda Jateng Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024, Menhub Apresiasi Kesiapan

Advertisement

Advertisement

Polda Jateng Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024, Menhub Apresiasi Kesiapan

Alfaisti134
, March 31, 2024
Last Updated 2024-03-31T11:39:41Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Semarang - Kesiapan Polda Jawa Tengah (Jateng) dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2024 mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Hal ini diungkapkan dalam keterangan pers setelah mendengar paparan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Mapolda Jateng pada Minggu, 31/3.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan hasil uji petik mengenai kesiapan tiga wilayah di Jawa Tengah, yakni Brebes, Klaten, dan Cilacap, memperoleh penilaian yang memuaskan. Dia berharap kesiapan serupa dapat ditemukan di seluruh wilayah Jawa Tengah dan menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara semua pihak terkait.


Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan bahwa segala persiapan menghadapi arus mudik telah dikoordinasikan dengan baik, sesuai dengan tagline "Mudik Ceria Penuh Makna". Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyoroti keamanan angkutan Lebaran terkait tradisi balon udara yang dinilai masih mengganggu jalur udara, terutama di Pekalongan dan Wonosobo.

Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara tanpa izin di luar dua lokasi tersebut, mengingat hal tersebut dapat berpotensi mengganggu keamanan penerbangan dan dapat mengakibatkan tindakan pidana.

Selain itu, Menhub juga memberikan saran kepada masyarakat untuk mengantisipasi jadwal mudik agar tidak terjebak kemacetan, dengan menyarankan untuk memulai mudik mulai H-10 sampai H-5. Dia juga menekankan pentingnya pemilihan bus wisata yang telah melalui pemeriksaan Ramp Check dan memiliki supir yang kompeten.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi juga mengingatkan masyarakat untuk mempersiapkan fisik dan kondisi kendaraan agar dapat melakukan mudik dengan aman dan nyaman. Dia menegaskan kesiapan 125 ribu anggota polisi di 160 pos polisi yang tersebar di Jawa Tengah untuk menampung arus mudik yang masuk. eFHa. 

TrendingMore