Polda Jateng Berikan Kisi-kisi Aman Berkendara Saat Hujan Deras Polda Jateng Berikan Kisi-kisi Aman Berkendara Saat Hujan Deras

Advertisement

Advertisement

Polda Jateng Berikan Kisi-kisi Aman Berkendara Saat Hujan Deras

Alfaisti134
, March 05, 2024
Last Updated 2024-03-05T03:32:59Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Semarang – Hujan sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, terlebih saat hujan deras menyebabkan pandangan pengemudi menjadi kabur dan kondisi jalanan kurang bersahabat untuk memacu kendaraan.

Di jalan tol, genangan air yang timbul akibat guyuran hujan sering membuat mobil yang melintas dengan kecepatan tinggi tergelincir dan berujung pada kecelakaan lalu lintas.

Terkait hal ini, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengharap dalam operasi Keselamatan lalu lintas Candi 2024, masyarakat lebih disiplin dalam menaati peraturan lalu lintas agar angka kecelakaan dapat turun.

"Data tahun lalu (2023) di Polda Jateng terjadi pelanggaran lalu lintas sebanyak 664.480 kasus, dari kasus pelanggaran tersebut dilakukan penilangan sebanyak 386.458 kasus dan Teguran sejumlah 278.022 kasus. Jumlah kecelakaan sebanyak 31.425 kasus yang mengakibatkan 4.302 orang meninggal dunia, 60 orang luka berat dan selebihnya luka ringan. Semoga tahun ini angka fatalitas dapat turun," harap Kabid Humas.

Kabid Humas juga menghimbau agar masyarakat berhati-hati menggunakan kendaraan pada saat hujan deras. Kabidhumas meminta masyarakat tidak memaksakan diri berkendara terlebih pengendara sepeda motor.

"Ada baiknya berteduh, terdapat sejumlah faktor yang mengganggu kenyamanan berkendara seperti jalan yang licin maupun guyuran hujan yang cukup mengganggu pengendara. Mesin kendaraan juga bisa mati apabila kemasukan air," kata Kabidhumas di kantornya, Selasa, 5/3.

Meski begitu, dalam momen operasi Keselamatan lalu lintas yang saat ini berlangsung, Kabidhumas Polda Jateng membagikan sejumlah kisi-kisi aman bagi pengendara yang terpaksa mengendarai kendaraannya saat hujan deras.

"Setidaknya ada tujuh kisi-kisi, hal ini perlu diperhatikan untuk mengurangi risiko kecelakaan saat hujan deras," ungkapnya.

Tujuh Kisi-kisi aman berkendara yang bisa dilakukan saat terjadi hujan deras di jalan:

1. Kurangi Kecepatan

2. Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

3. Menyalakan Lampu

4. Hindari Genangan Air

5. Jangan Menyalakan Lampu Hazard

6. Atur Suhu AC Mobil

7. Hindari Mengerem Mendadak. eFHa. 

TrendingMore