Pangdam Kasuari Ikuti Vicon Dengan Kasad, Launching 1.898 Titik Air Pangdam Kasuari Ikuti Vicon Dengan Kasad, Launching 1.898 Titik Air

Advertisement

Advertisement

Pangdam Kasuari Ikuti Vicon Dengan Kasad, Launching 1.898 Titik Air

Tim Redaksi
, February 06, 2024
Last Updated 2024-02-06T08:34:54Z
Advertisement


MANOKWARI – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE., mengikuti Video Conference (Vicon) dengan Kepala Staf angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam rangka Launching 1.898 Titik Air, Gerakan TNI AD Manunggal Air dan Bakti Sosial, di Kampung Wamesa, Manokwari, Papua Barat, pada (Selasa, 6/2/2023).

Dalam kesempatan ini, Pangdam didampingi Kapoksahli, Irdam, para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Vera Ilyas Alamsyah beserta pengurus.

Kasad dalam sambutannya menyampaikan, disamping kegiatan sosial yang terus dilaksanakan, ada beberapa yang menjadi program utama di Angkatan Darat yaitu tentang air bersih, menjaga alam, dan juga pembukaan lahan hingga penanganan sampah massal.

“Antara kemiskinan dan stunting itu identik dengan air bersih, sehingga kami berkomitmen untuk terus mengadakan air bersih untuk masyarakat, dan itu semua dapat terlaksana apabila adanya bantuan dari berbagai unsur yang ada, kalau hal ini kita dapat kerjakan di daerah-daerah saya yakin percepatan peningkatan perekonomian masyarakat pasti akan cepat tercapai,” katanya.

Sementara itu, disela-sela kegiatan tersebut, berkaitan dengan kegiatan ini Pangdam menjelaskan bahwa Kodam XVIII/Kasuari selain melaksanakan tugas pokoknya dalam bidang pertahanan, juga melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Diantaranya kegiatan seperti saat ini, yaitu Gerakan TNI AD Manunggal Air dan Bakti Sosial mengalirkan air bersih kepada rumah-rumah warga dengan menggunakan sumur bor, karena Stunting dan kemiskinan tidak jauh dari air bersih, jadi air bersih ini tidak boleh dipandang remeh”.

“Dalam kegiatan Manunggal Air ini, ada tiga kegiatan yang kita lakukan yang pertama dengan sumur bor, kedua gravitasi atau dengan mengalirkan air dari tempat yang tinggi kepada masyarakat dan yang ketiga yaitu dengan pompa hydram. Saya berharap, pompa hydram yang sudah kita sediakan di Kampung wamesa ini agar dipelihara dengan sebaik-baiknya sehingga manfaatnya dapat dirasakan lama oleh warga,” harapnya.

Ikut dalam kegiatan ini, pejabat Binda Papua Barat, Dirbinmas Polda Papua Barat, Kepala Bapeda Provinsi Papua Barat, Kadistrik Mansel, Kepala Kampung Wamesa dan masyarakat Kampung Wamesa.

Sumber : Pendam XVIII/Ksr

TrendingMore