Lestarikan Budaya Gotong Royong Babinsa Koramil 16/Miri Bantu Pindahkan Rumah Warga Lestarikan Budaya Gotong Royong Babinsa Koramil 16/Miri Bantu Pindahkan Rumah Warga

Advertisement

Advertisement

Lestarikan Budaya Gotong Royong Babinsa Koramil 16/Miri Bantu Pindahkan Rumah Warga

Alfaisti134
, February 16, 2024
Last Updated 2024-02-16T14:37:43Z
Advertisement



Kabar Ngetren/Sragen - Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, salah satu budaya kearifan lokal yang ada yaitu tradisi mengangkat rumah. Tradisi ini memungkinkan karena rumah yang diangkat tidak terbuat dari semen dan beton. Rumah tersebut masih terbuat dari material alami dan tradisi ini dilakukan oleh puluhan warga.

Seperti yang dilakukan oleh empat personel Koramil 16/Miri Kodim 0725/Sragen membantu masyarakat memindahkan rumah milik Sukardi, Dukuh Gondangmanis. RT. 03 Desa. Geneng Kecamatan Miri. Pada Jum’at. 16/2/2024.

"Dalam prosesnya memindahkan rumah harus dilakukan oleh banyak orang, bahkan sampai puluhan orang. Setiap orangnya akan mengambil perannya masing-masing". Ucap Sertu Adi saat ditemui awak media.

Uniknya, lanjut Sertu Adi, mengatakan, memindahkan atau mengangkat rumah tidak sembarang dilakukan, harus ada ahli khusus untuk mengarahkan warga agar posisi rumah yang diangkat tidak miring bahkan salah tempat. Rumah diangkat dengan menggunakan batangan kayu panjang yang telah diikat pada tiang rumah.



Menurut Sertu. Adi, Warga yang ingin memindahkan rumahnya terlebih dahulu menginformasikan kepada warga lain dengan mendatangi rumahnya satu persatu. Di situ warga dengan sendirinya berbondong-bondong datang ke tempat rumah yang akan dipindahkan.

“Setelah selesai memindahkan rumah, semua warga kemudian menikmati santapan yang sebelumnya telah disiapkan oleh pemilik rumah. Di moment inilah keakraban warga terjalin erat“. Tutup Babinsa Sertu. Adi. eFHa.

TrendingMore