Satgas TNI 300 Siliwangi Buat Honai Untuk Warga di Mayuberi Papua Satgas TNI 300 Siliwangi Buat Honai Untuk Warga di Mayuberi Papua

Advertisement

Advertisement

Satgas TNI 300 Siliwangi Buat Honai Untuk Warga di Mayuberi Papua

Tim Redaksi
, January 19, 2024
Last Updated 2024-01-19T02:46:04Z
Advertisement


PUNCAK PAPUA - Sebanyak 20 orang personil Pos Mayuberi Satgas TNI 300 Siliwangi melaksanakan anjangsana ke kampung Mayuberi, Papua. 

Mereka membantu warga dengan membuatkan honai untuk salah satu warga setempat, Tenius Tabuni, yang merupakan ketua klasis wilayah Ilaga Utara.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kab Puncak, Papua. Jum'at ( 19-01-2024 ). 

Honai adalah rumah adat Papua yang berbentuk bulat dengan atap dari jerami. Honai biasanya digunakan sebagai tempat tinggal, pertemuan, atau penyimpanan barang-barang berharga. 

Pembuatan honai membutuhkan kerjasama dan kekompakan antara anggota masyarakat.

Personil Pos Mayuberi dan warga kampung Mayuberi saling bahu-membahu dalam  membuat honai, meskipun dengan peralatan seadanya. 

Cuaca gerimis yang turun tidak menyurutkan semangat mereka untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keharmonisan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, khususnya di wilayah Papua. Danpos Mayuberi, Letda Inf Yusuf, mengatakan bahwa setiap kegiatan teritorial yang dilakukan oleh personilnya adalah dengan ikhlas dan tulus, agar TNI selalu di hati rakyat.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, kami dapat memberikan manfaat dan bantuan kepada masyarakat, sekaligus menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan mereka," ujar Letda Inf Yusuf.

Beberapa tokoh masyarakat yang ikut serta dalam pembuatan honai adalah Bapak Iyus Labene (pendeta Mayuberi), Jhoni Labene (pemuda Mayuberi), Elkiau Labene (pemuda Mundiba), Jalan Labene (pemuda Amungi), dan Lenius Tabuni (bapak klasis Mayuberi). 

Mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada personil Pos Mayuberi yang telah membantu pembuatan honai.

"Kami sangat senang dan terbantu dengan adanya kedatangan Pos Mayuberi yang membantu kami membuat honai. Kami mengapresiasi upaya dan perhatian TNI kepada kami. Kami berharap TNI tetap menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kami," kata Bapak Lenius Tabuni.

TrendingMore