Satgas TNI 300 Siliwangi Bantu Acara Bakar Batu Lamaran Nikah di Tuanggi Papua Satgas TNI 300 Siliwangi Bantu Acara Bakar Batu Lamaran Nikah di Tuanggi Papua

Advertisement

Advertisement

Satgas TNI 300 Siliwangi Bantu Acara Bakar Batu Lamaran Nikah di Tuanggi Papua

Tim Redaksi
, January 11, 2024
Last Updated 2024-01-11T02:57:48Z
Advertisement


Ilaga Papua - Satgas TNI 300 Siliwangi yang bertugas di Papua, turut membantu dan menghadiri acara tradisi bakar batu dalam rangka lamaran nikah di Kampung Tuanggi, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kab Puncak, Papua. Kamis ( 11-01-2024 ). 

Acara tradisi bakar batu ini merupakan salah satu adat istiadat masyarakat Papua yang dilakukan untuk merayakan pernikahan antara Lenius dan Mince, dua warga Kampung Tuanggi. 

Satgas TNI 300 Siliwangi yang dipimpin oleh Kapten Inf Mazwardi, selaku Danpos Wuloni, ikut membantu menyiapkan bahan-bahan dan proses bakar batu, serta memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai.

Kapten Inf Mazwardi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan penghargaan Satgas TNI 300 Siliwangi terhadap adat dan budaya masyarakat Papua. 

"Kami ingin menunjukkan bahwa TNI tidak hanya bertugas untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara, tetapi juga untuk membantu dan berbaur dengan rakyat, khususnya di Papua," ujarnya.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, hubungan antara TNI dan rakyat Papua semakin harmonis dan solid. "Kami berharap, dengan kehadiran Satgas TNI 300 Siliwangi di sini, masyarakat merasa terbantu dan nyaman. 

Kami juga mengucapkan selamat kepada Lenius dan Mince, semoga pernikahan mereka langgeng dan bahagia," tuturnya.

Sementara itu, Martinus Wakerwa, selaku kepala kampung Tuanggi, mengucapkan terima kasih kepada personil Satgas TNI 300 Siliwangi yang telah membantu dan menghadiri acara tradisi bakar batu. "Kami sangat senang dan bangga dengan kehadiran TNI di kampung kami. 

Mereka sangat ramah dan membantu kami dalam segala hal. Kami berterima kasih atas partisipasi dan bantuan mereka dalam acara tradisi bakar batu ini," katanya.

Acara tradisi bakar batu berlangsung dengan aman dan tertib, serta diikuti oleh ratusan warga Kampung Tuanggi dan sekitarnya. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan keakraban antara TNI dan rakyat Papua.

TrendingMore