Atasi Kesulitan Air Masyarakat Gome, Satgas TNI 300 Siliwangi Buat Bak Penampungan Air di Papua Atasi Kesulitan Air Masyarakat Gome, Satgas TNI 300 Siliwangi Buat Bak Penampungan Air di Papua

Advertisement

Advertisement

Atasi Kesulitan Air Masyarakat Gome, Satgas TNI 300 Siliwangi Buat Bak Penampungan Air di Papua

Tim Redaksi
, January 29, 2024
Last Updated 2024-01-29T04:43:42Z
Advertisement


GOME - Sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan air bersih yang dialami oleh masyarakat Kampung Gome, Satgas TNI 300 Siliwangi membangun bak penampungan air di kampung tersebut. 

Bak penampungan air ini diharapkan dapat membantu warga untuk mendapatkan air bersih yang layak konsumsi dan keperluan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kab Puncak, Papua. Senin ( 29-01-2024 ). 

Bak penampungan air ini dibangun dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di sekitar lokasi, seperti bambu, kayu, dan terpal. 

Bak penampungan air ini memiliki kapasitas sekitar 2.000 liter dan dapat menampung air hujan atau air dari sumber mata air yang sudah di Pipanisasi oleh Satgas TNI 300 Siliwangi. 

Bak penampungan air ini juga dilengkapi dengan keran dan selang untuk memudahkan warga mengambil air.

Komandan Satgas TNI 300 Siliwangi Letnan Kolonel Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P mengatakan bahwa pembangunan bak penampungan air ini merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan TNI dengan masyarakat Papua. 

"Kami ingin membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, apalagi di musim kemarau seperti ini. Kami berharap dengan adanya bak penampungan air ini, warga dapat terbantu dan hidup lebih sehat," ujarnya.

Salah satu warga Kampung Gome, Bapak Yohanes mengucapkan terima kasih kepada Satgas TNI 300 Siliwangi yang telah membangun bak penampungan air di kampung saya. 

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada bapak-bapak TNI yang sudah peduli dengan kami. Selama ini kami sangat susah mencari air bersih, harus jalan jauh ke sungai atau ke gunung. Sekarang kami bisa mendapatkan air bersih dengan mudah dan gratis," katanya.

Pembangunan bak penampungan air ini merupakan salah satu program bakti sosial yang dilakukan oleh Satgas TNI 300 Siliwangi selama bertugas di Papua. 

Selain itu, Satgas TNI 300 Siliwangi juga melakukan berbagai kegiatan positif lainnya, seperti membantu pembangunan infrastruktur, memberikan bantuan kesehatan, pendidikan, dan pertanian, serta menjalin silaturahmi dengan tokoh agama, adat, dan masyarakat setempat.

TrendingMore