Rangkaian Hari Jadi Ke-193, Bupati dan Forkopimda Ziarah Makam Para Pendiri Kabupaten Purbalingga Rangkaian Hari Jadi Ke-193, Bupati dan Forkopimda Ziarah Makam Para Pendiri Kabupaten Purbalingga

Advertisement

Advertisement

Rangkaian Hari Jadi Ke-193, Bupati dan Forkopimda Ziarah Makam Para Pendiri Kabupaten Purbalingga

Tim Redaksi
, December 18, 2023
Last Updated 2023-12-17T23:22:19Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Purbalingga - Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD dan jajaran Forkopimda Purbalingga melakukan ziarah makam leluhur para pendiri Kabupaten Purbalingga. 

Kegiatan ini merupakan tradisi sejak bupati-bupati sebelumnya tiap tahun jelang Hari Jadi Kabupaten Purbalingga.

"Berdirinya Kabupaten Purbalingga dan prestasi-prestasi yang dicapai saat ini tentu tidak lepas dari peran leluhur bupati yang telah mendahului," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam kegiatan ziarah, Minggu (17/12/2023) di Kompleks Pemakaman Giri Purna, Kajongan, Bojongsari.

Ziarah diawali ke Kompleks Pemakaman Arsantaka di Kelurahan Purbalingga Lor. Kompleks pemakaman ini bersemayam R Ngabehi Dipayuda III (Bupati Ke-1) termasuk ayahnya yakni Eyang Arsantaka, RMT Dipokusumo I (Bupati Ke-2) dan RMT Brotosudiro (Bupati Ke-3).

Dilanjutkan ke Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari yakni ziarah di Kompleks Pemakaman Giri Cendana dan Giri Purna. Kompleks pemakaman ini bersemayam Bupati Purbalingga Ke-4 sampai Ke-9.

Ziarah yang dilaksanakan dengan do'a bersama dan tabur bunga ini, menurut Bupati adalah untuk mengenang, menghormati dan menghargai jasa leluhur. 

Ziarah ini Bupati mendo'akan agar para leluhur pendiri Kabupaten Purbalingga ditempatkan di tempat terbaik, dilapangkan dan diterangkan alam kuburnya.

"Semoga kita sebagai generasi penerus diberi kekuatan lahir batin meneruskan apa yang jadi perjuangan dan cita-cita para leluhur," katanya.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Arsakusuma selaku yayasan keluarga besar keturunan bupati - bupati Purbalingga dari Trah Arsantaka/Arsakusuma. 

Yayasan ini telah turut menjaga ketiga kompleks pemakaman tersebut sehingga menjadi bagian penting situs sejarah yang tidak terlupakan bagi Kabupaten Purbalingga.

Ketua Yayasan Arsakusuma, R Budi Setiawan menyambut baik kegiatan ziarah ini. "Suatu kehormatan bagi kami kerawuhan bapak/ibu mengirim do'a kepada leluhur kami semoga kegiatan ziarah ini tercatat amal ibadah. Selamat Hari Jadi ke 193 Kabupaten Purbalingga semoga Purbalingga semakin maju sejahtera dan dalam lindungan Allah Subhanahuwata'ala," katanya.

Selain ziarah ke makam-makam para leluhur Bupati Purbalingga terdahulu. Bupati dan jajaran Forkopimda juga ziarah ke makam para leluhur/pemimpin zaman pra-Kabupaten Purbalingga. 

Diantaranya Makam Adipati Onje di Desa Onje, Kecamatan Mrebet dan Kompleks Pemakaman para Adipati Wirasaba di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja.

Kegiatan ziarah ini juga dirangkaikan dengan penyerahan tali asih untuk juru kunci makam serta penyerahan beras dan ikan lele untuk warga kurang mampu di desa/kelurahan sekitar makam.(Tim)

TrendingMore