Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Kodim 0906/Kutai Kartanegara Tanam Ratusan Pohon Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Kodim 0906/Kutai Kartanegara Tanam Ratusan Pohon

Advertisement

Advertisement

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Kodim 0906/Kutai Kartanegara Tanam Ratusan Pohon

Tim Redaksi
, December 11, 2023
Last Updated 2023-12-11T06:19:54Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Kutai Kartanegara - Mengantisipasi terjadinya bahaya banjir dan tanah longsor, Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) melalui jajaran Koramil 0906-06/Samboja melaksanakan karya bhakti reboisasi berupa penanaman kembali pohon di lokasi eks tambang PT. Singlurus Pratama yang berada di RT. 04 Kelurahan Argosari Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Senin (11/12/2023).

Kegiatan karya bhakti penanaman pohon diwilayah Kodim 0906/Kkr yang melibatkan seluruh elemen masyarakat kecamatan Samboja tersebut bertujuan sebagai bagian dari upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan serta mencegah terjadinya bahaya banjir dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Samboja.

Hal ini senada dengan penyampaian Dandim 0906/Kkr melalui Danramil Samboja, Kapten Kav Jimmy Purba yang mengatakan bahwa penanaman pohon atau reboisasi merupakan langkah proaktif untuk mengurangi risiko bencana alam.

Perlu adanya upaya yang harus kita lakukan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya bahaya banjir dan tanah lonsor, salah satunya melalui kegiatan karya bhakti penanaman pohon.

 "Kami menyadari pentingnya konservasi lingkungan dalam mencegah bencana banjir dan tanah longsor. Dengan menanam ratusan pohon di daerah-daerah rawan, kami berharap dapat meningkatkan daya serap air tanah dan mengurangi erosi tanah," ujar Danramil.

“Penanaman pohon yang diadakan di lokasi eks tambang PT. Singlurus Pratama ini setidaknya akan ditanami sekitar kurang lebih 500 pohon dengan jenis pohon antara lain pohon trembesi, pohon sengon, pohon beringin, buah mangga, Matoa, Nangka dan Durian”, pungkasnya.

Kegiatan karya bhakti Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) diwilayah kecamatan Samboja tampak dihadiri oleh Camat Samboja Barat , Burhanuddin, Danramil 0906-06/Samboja, Kapten Kav. Jimmy Purba, Kasubsektor Polsek Samboja, Iptu Syafingi, Lurah Argosari, Antonius, Lurah Amborawang Darat, Sukarman, Plt Lurah Salok Api Darat, Budi, Seklur Margomulyo, Mahmud, Pimpinan PT. MIL, Arifudin, Pimpinan PT. TWP, Marmun, dan Pimpinan PT. Singlurus Pratama, Adi Budiman.

TrendingMore