Bimtek Komsat, di Event iBOTA Aktivasi Pantai Tanjung Pendam Kepulauan Bangka Belitung Bimtek Komsat, di Event iBOTA Aktivasi Pantai Tanjung Pendam Kepulauan Bangka Belitung

Advertisement

Advertisement

Bimtek Komsat, di Event iBOTA Aktivasi Pantai Tanjung Pendam Kepulauan Bangka Belitung

Tim Redaksi
, December 26, 2023
Last Updated 2023-12-25T23:41:08Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Bangka Belitung - Bimtek Komunikasi Satelit (Komsat) digelar dalam event iBOTA aktivasi pantai Tanjung Pendam Belitung, kolaborasi anggota ORARI Lokal Jakarta Utara bersama Lokal Belitung, dengan nara sumber sekaligus pemateri utama Suryono Adisoemarta (YD0NXX) Senin (25/12/2023) diikuti dari berbagai daerah.

Kegiatan bimtek (bimbingan teknis) komunikasi via Satelit terpusat satu lokasi kegiatan iBOTA aktivasi pantai Tanjung Pendam Belitung, yang diikuti oleh adik-adik Pramuka, BPBD, pengurus dan anggota ORARI lokal Belitung dan simpatisan ORARI.

Pemateri utama, Ketua Bidang Satelit ORARI Pusat Suryono Adisoemirat (YD0NXX), dalam materi bimtek menjelaskan secara detail.

Mulai sejarah dan pengenalan satelit dari dasar-dasar teknik komunikasi menggunakan satelit, database satelit, Prosedur Komunikasi menggunakan satelit LAPAN-A2/IO-86 dan IO-91dengan slot khusus, mengunakan radio genggam, antena moxon dan cross band UHF VHF / arrow.

Peserta juga dikenalkan macam-macam antena dan di ajarkan cara membuat antena sederhana untuk komunikasi satelit. 

Peserta BIMTEK juga melakukan praktek pembuatan antena darurat dengan bahan-bahan sederhana dan murah, dan praktek cara komunikasi menggunakan satelit.

"Sistem komunikasi satelit ini, dapat digunakan dengan praktis sehingga dapat menjadi sarana komunikasi alternatif, terutama dalam keadaan khusus, situasi darurat dan ataupun kebencanaan," Jelasnya.

Salah satu peserta Bimtek dari ORARI Lokal Belitung Eddy Rachman (YE4FDB), juga pengurus ORARI stempat, Menyampaikan syukur Alhamdulillah.

"Terima kasih, bangga, senang dan puas bisa hadir mengikuti kegiatan bimtek komsat ini diharapkan adanya tambahan ilmu pengerahuan dan keterampilan dalam berkomuniksi via satelit IO-86 (Satelit LAPAN A2/ORARI), begitu juga adik-adik Pramuka, dan pengurus juga anggota ORARI di Kepulauan Bangka Belitung" katanya.

"Saya sangat senang, bangga dan bahagia, melihat rekan-rekan, sangat antusias, sangat bersemangat dalam mengikuti bimtek komunikasi satelit ini, jadi tambah ilmu yang bermanfaat dan ketrampilan amatir radio," ungkapnya.

Selanjutnya YE4FDB, menambahkan, bahwa kegiatan ini juga disambut baik oleh Pemda Belitung, dan sangat diharapkan kegiatan seperti ini bisa dilaksakanan secara rutin.

Setahun 1-2 kali, dan Pemda siap memberikan support secara umum, kegiatan ini merupakan percepatan promosi tempat-tempat wisata yang ada di Bangka Belitung, kepada masyakarat luas se-Indonesia maupun mancanegara.

"Kesederhanaan dan kekompakan sesama anggota ORARI se-Indonesia, harus terus dijaga dan dikuatkan, begitu juga rutinitas silaturhammi, kolaborasi, sinergitas, kordinasi internal maupun ekternal dengan Institusi Pemerintan, maupun non pemerintah, menjadikan kekuatan tersendiri untuk melaksakanan semua rangkaian kegiatan Amatir Radio dengan semarak dan suksesnya gotong royong," imbuhnya.

Untuk diketahui, Peserta Bimtekpun berhasil komunikasi dengan beberapa stasiun amatir radio dari beberapa call area di Indonesia dan juga manca negara.

Dengan pertukaran report, ucapan salam, sukses dan selamat mengikuti Bimtek Komsat di Kepulauan Bangka Belitung. (Djarmanto-YF2DOI).

TrendingMore