Atasi Krisis Air Bersih, Satgas TNI 300 Siliwangi Buatkan Saluran Air Bersih Untuk Masyarakat Kampung Eromaga Atasi Krisis Air Bersih, Satgas TNI 300 Siliwangi Buatkan Saluran Air Bersih Untuk Masyarakat Kampung Eromaga

Advertisement

Advertisement

Atasi Krisis Air Bersih, Satgas TNI 300 Siliwangi Buatkan Saluran Air Bersih Untuk Masyarakat Kampung Eromaga

Tim Redaksi
, December 07, 2023
Last Updated 2023-12-07T00:36:44Z
Advertisement


Kabar Ngetren/Ilaga, Puncak Papua - Dalam rangka mengatasi krisis air bersih yang melanda masyarakat Kampung Eromaga yang diakibatkan oleh debit air yang rendah.

Anggota Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi membuat saluran air bersih untuk warga masyarakat di Kampung Eromaga Distrik Omukia Kabupaten Ilaga Puncak Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Letnan Kolonel Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam release tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak Papua, Kamis (07/12/2023)

Dijelaskan oleh Dansatgas, "Air bersih merupakan hal yang pokok bagi kelangsungan hidup masyarakat karena dapat digunakan untuk konsumsi sehari-hari seperti keperluan minum, memasak dan pembersihan baik badan maupun pakaian," jelas Dansatgas.

"Akibat dari kurangnya air bersih maka banyak warga masyarakat yang terpaksa mengkonsumsi air yang tidak layak sehingga banyak yang mengeluhkan berbagai macam penyakit yang utamanya menyerang organ pencernaan seperti muntaber, diare dan gatal-gatal yang," ucap Dansatgas.

Pembuatan saluran air bersih ini dipimpin langsung oleh Danpos Eromaga Letda Inf Didin Wahyudin dengan menggunakan 600 meter selang dari sumber mata air yang terdapat di kaki gunung di sekitar pos Eromaga, kemudian ditarik agar dapat dijangkau dan dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Mamah Yusmina (40 tahun) menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah dibantu untuk mendapatkan air bersih dan masyarakat tidak harus berjalan jauh kembali hanya untuk mencari air bersih.

Kegiatan pembuatan saluran air bersih ini merupakan implementasi dari perintah Pangdam III/Slw, Mayjen TNI Erwin Djatniko yaitu prajurit Siliwangi dimanapun bertugas harus peka dan mampu menjadi solusi dari kesulitan rakyat serta kehadiran TNI yang berada di sekitar masyarakat terasa manfaatnya. 

Dansatgas mobile raider 300 Siliwangi berharap dengan dibuatkannya saluran air bersih oleh pos Eromaga ini, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga masyarakat kampung Eromaga untuk kehidupan sehari-hari serta meningkatkannya kesadaran akan sanitasi yang baik untuk kesehatan.

(Pen Satgas Mobile Yonif Raider 300/Bjw Siliwangi)

TrendingMore