Satgas Pamtas RI-MLY Berikan Edukasi Perjuangan Pahlawan Kepada Anak anak Perbatasan Satgas Pamtas RI-MLY Berikan Edukasi Perjuangan Pahlawan Kepada Anak anak Perbatasan

Advertisement

Advertisement

Satgas Pamtas RI-MLY Berikan Edukasi Perjuangan Pahlawan Kepada Anak anak Perbatasan

Tim Redaksi
, November 10, 2023
Last Updated 2023-11-10T10:28:08Z
Advertisement

Satgas Pamtas RI-MLY Berikan Edukasi Perjuangan Pahlawan Kepada Anak anak Perbatasan

KabarNgetren/Entikong - Setiap tahun di tanggal 10 November, selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan tersebut dilakukan untuk mengenang peristiwa penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan negara ini. Sanggau. 10/11/2023.

Merangkum dari berbagai sumber, Hari bersejarah ini bermula dari peristiwa pertempuran Surabaya pada 1945. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, situasinya belum stabil dan masih bergejolak. 

Pada 10 November 1945 terjadilah pertempuran Surabaya yang sangat dahsyat selama lebih kurang tiga minggu. Banyak pejuang gugur dan warga sipil menjadi korban dalam pertempuran tersebut. 

Semangat juang rakyat Surabaya yang membara tanpa kenal menyerah membuat Inggris terjepit di tengah konflik sengit. Akhirnya, kota Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan.

Presiden Soekarno kemudian mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959. Keputusan tersebut berisi tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur. 

Dalam memperingati hari pahlawan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yon Armed 16 TK terutama Pos Kotis Gabma Entikong menerima kunjungan anak-anak TK dari wilayah perbatasan untuk menerima pengetahuan seputar sejarah pahlawan dan indeolgi Pancasila agar generasi muda penerus bangsa tidak lupa akan perjuangan pahlawan yang telah berkorban demi Nusa dan bangsa.

Demikian penyampaian Dansatgas, Mayor. Arm. Andreas Prabowo Putro,S.I.Pem., M.I.P., M.Han. di Mako Kotis Entikong mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu wujud terima kasih kami sebagai Anggota TNI sebagai penerus perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan merah putih hingga saat ini, dan kami akan tetap terus mempertahankan NKRI hingga akhir hayat. red.

TrendingMore