Pagelaran Wayang Kulit Desa Sidanegara Meriah Sambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah Pagelaran Wayang Kulit Desa Sidanegara Meriah Sambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Advertisement

Advertisement

Pagelaran Wayang Kulit Desa Sidanegara Meriah Sambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Nusantara
, July 21, 2023
Last Updated 2023-07-21T11:39:22Z
Advertisement



Kabar Ngetren/Purbalingga - Pentas kesenian Wayang Kulit semalam suntuk dengan lakon Wahyu Katentreman berlangsung meriah di Desa Sidanegara, Kamis malam, 20 Juli 2023. 


Acara yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kadinpora, Camat Kaligondang, Kapolsek Kaligondang, Danramil 02 Kaligondang, Forkopimcam, Kades se-Kecamatan Kaligondang, Perangkat Desa, Karang Taruna, PKK, dan ratusan warga Desa Sidanegara.

Pagelaran wayang kulit yang digelar di halaman rumah Kades Sidanegara ini menampilkan dalang ternama, Eko Suwaryo dari Kebumen, serta bintang tamu Sinden Ciblek.

Dalam sambutannya, Kades Sidanegara, Paryono, menyampaikan bahwa kegiatan malam itu merupakan bagian dari rangkaian acara Memeti Desa atau Ruwat Bumi Desa Sidanegara tahun 2023, yang jatuh pada Tahun Baru Islam 1445 Hijriah. 

Sebelumnya, pada Rabu pagi tanggal 19 Juli 2023, seluruh panitia penyelenggara telah bersama-sama melaksanakan kegiatan bersih-bersih pemakaman di seluruh Desa Sidanegara, dilanjutkan dengan do'a bersama pada malam harinya sebagai bagian dari tasyakuran menyambut Tahun Baru Islam.

Paryono mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Desa Sidanegara atas dukungan dan partisipasinya dalam mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan tersebut. 

Seluruh acara ini berhasil diwujudkan berkat swadaya masyarakat Desa Sidanegara yang luar biasa. Dia berharap bahwa harapan dan do'a seluruh warga Desa Sidanegara yang tertuang dalam kegiatan Ruwat Bumi ini dapat dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. 

Semoga di Tahun Baru Hijriah ini, masyarakat Desa Sidanegara senantiasa diberikan kesehatan, keberkahan, rejeki yang berlimpah, serta kehidupan yang sejahtera.

Acara wayang kulit semalam suntuk ini menjadi bukti kebersamaan dan semangat gotong-royong yang tinggi di masyarakat Desa Sidanegara. Seluruh warga hadir dengan antusias, menikmati pertunjukan wayang yang menghibur dari dalang Eko Suwaryo dan pesona suara Sinden Ciblek sebagai bintang tamu.

Semoga kegiatan budaya seperti ini terus dilestarikan dan menjadi bagian penting dalam mempererat tali persaudaraan serta melestarikan tradisi luhur Indonesia. Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah untuk seluruh masyarakat Desa Sidanegara. (red)










TrendingMore