Mahasiswa Unperba Beraksi di Purbalingga Mahasiswa Unperba Beraksi di Purbalingga

Advertisement

Advertisement

Mahasiswa Unperba Beraksi di Purbalingga

Nusantara
, July 18, 2023
Last Updated 2023-07-18T02:26:37Z
Advertisement



Kabar Ngetren/PURBALINGGA - Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) menggelar program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Perdana Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Kabupaten Purbalingga. Plh Bupati Purbalingga, Sudono, mendorong mahasiswa Unperba untuk tinggal di lokasi penempatan KKN.

"Mahasiswa KKN harus tinggal di tempat dan wilayah KKN masing-masing, meskipun berasal dari Purbalingga," ujar Plh Bupati Sudono saat Penerimaan Mahasiswa KKN Unperba di Operation Room Graha Adiguna, Senin (17/7/2023).

Plh Bupati mengharapkan mahasiswa KKN dapat membantu mengatasi masalah stunting dan kemiskinan ekstrem. Selain itu, mahasiswa KKN juga diharapkan dapat memberikan pemberdayaan kepada masyarakat dengan berkolaborasi dengan pihak terkait.

"Diharapkan kerjasama antara mahasiswa KKN dengan pihak kecamatan dan desa untuk menerapkan ilmu yang dimiliki dalam masyarakat guna mengurangi angka stunting dan kemiskinan ekstrem," tambahnya.

Plh Bupati menekankan bahwa pemerintah akan melakukan pemantauan terhadap program pemberdayaan yang telah dilakukan oleh mahasiswa di masyarakat. Harapannya, masalah stunting dan kemiskinan ekstrem dapat teratasi.

"Kami meminta bantuan dan kerjasama dari mahasiswa KKN, dan nantinya akan ada pemantauan untuk melihat hasil kerja mahasiswa KKN di Purbalingga," tegas Plh Bupati.

Rektor Unperba, Eming Sudiana, menjelaskan bahwa mahasiswa harus belajar untuk memberdayakan masyarakat. Mereka diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM), khususnya di Purbalingga.

"Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan diri, menerapkan ilmu yang mereka miliki dalam masyarakat, serta membuat program kerja atau kegiatan yang dapat berdampak pada peningkatan IPM," kata Eming.

Kepala Bapelitbangda, Suroto, menjelaskan bahwa KKN Unperba akan dilaksanakan di dua kecamatan, yaitu Kutasari dan Bojongsari. Di Kecamatan Kutasari, mahasiswa ditempatkan di Desa Meri dan Munjul, sementara di Kecamatan Bojongsari mereka berada di Desa Gembong, Brobot, Banjaran, Patemon, Karangbanjar, dan Galuh.

"Jumlah mahasiswa KKN Unperba sebanyak 83 orang, dan program ini akan berlangsung dari 17 Juli hingga 23 Agustus 2023 dengan tema Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat," tutur Suroto. (Lil/Prokompim)

TrendingMore