Indonesia Berprestasi dalam Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Berprestasi dalam Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Advertisement

Advertisement

Indonesia Berprestasi dalam Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Nusantara
, June 09, 2023
Last Updated 2023-06-09T16:26:59Z
Advertisement

Indonesia Berprestasi dalam Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Kabar Ngetren,  - Dalam diskusi temu bisnis dan forum investigasi yang berjudul "Mitigasi Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim" di University Club UGM, Jumat (9/6/2023), Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengungkapkan kabar baik bagi Indonesia terkait pengurangan emisi gas rumah kaca.


Dwikorita menjelaskan bahwa sebelumnya Indonesia masuk dalam 10 besar negara penyumbang emisi gas rumah kaca di dunia. Namun, saat ini, Indonesia berhasil keluar dari peringkat tersebut.

"Sebelumnya kita masuk 10 besar penghasil rumah kaca di dunia dan ini tidak bagus. Dengan adanya global ini, ternyata rata-rata emisi gas rumah kaca di bawah global sehingga keluar dari 10 besar penghasil gas rumah kaca," ujar Dwikorita.

Dalam upaya mengontrol emisi gas rumah kaca di Indonesia, pemasangan alat pemantau emisi gas rumah kaca menjadi faktor penting. 

Dwikorita mengungkapkan bahwa BMKG telah memasang alat pemantau dalam jaringan global greenhouse watch yang tersebar di seluruh dunia.

"Alat ini sebagai pengawas atmosfer global. Satu di antaranya ada di BMKG," tambah Dwikorita.

Prestasi ini menunjukkan kemajuan Indonesia dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan komitmen dalam menghadapi perubahan iklim. 

Upaya terus dilakukan untuk memantau dan mengendalikan emisi gas rumah kaca guna menjaga keberlanjutan lingkungan dan meminimalkan dampak negatif perubahan iklim.

Dengan capaian ini, Indonesia berada pada jalur yang lebih baik dalam menjaga lingkungan dan berkontribusi dalam upaya global dalam mengatasi perubahan iklim. (my)

TrendingMore