Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Melalui Gelar Budaya Gumregah pada Hardiknas 2023 Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Melalui Gelar Budaya Gumregah pada Hardiknas 2023

Advertisement

Advertisement

Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Melalui Gelar Budaya Gumregah pada Hardiknas 2023

Nusantara
, May 02, 2023
Last Updated 2023-05-02T09:22:33Z
Advertisement



Kabar Ngetren/Purbalingga – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga turut memeriahkan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 dengan mengusung tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar". Acara tersebut dihadiri oleh 600 insan pendidikan dari Kecamatan Kertanegara yang tampil dengan mempersembahkan Gelar Budaya "Gumregah", yang merupakan perpaduan seni suara, seni tari, dan seni musik secara kolosal.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi, menyampaikan bahwa program Merdeka Belajar harus diterapkan dengan baik, sehingga tenaga pendidik dan kependidikan dapat mengeksplorasi segala kemampuan yang dimilikinya dan belajar tidak lagi terkesan normatif. Ia juga menambahkan bahwa belajar haruslah menyenangkan dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata sesuai dengan filsafat Ki Hadjar Dewantara.


Gelar Budaya "Gumregah" yang ditampilkan dalam acara tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dijiwai oleh spirit kurikulum merdeka dan dikenal sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan tersebut dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.


Acara Hardiknas ini diselenggarakan di Alun-alun Purbalingga dan dihadiri oleh berbagai pihak seperti Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), Sekretaris Daerah (Sekda), Pimpinan Perguruan Tinggi, seluruh kepala sekolah jenjang pendidikan, pengawas dan pendidik, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP), K3 Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Sekolah Dasar (SD), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi), serta siswa-siswi se-Kabupaten Purbalingga. Semoga semangat Merdeka Belajar dapat tertanam dengan baik pada anak-anak kita untuk mengeksplorasi kemampuan dan ide-ide kreatif mereka. (eFHa)

TrendingMore