Mantan Pengusaha ini Alih Profesi Sebagai Tukang Bersih-bersih Makam Mantan Pengusaha ini Alih Profesi Sebagai Tukang Bersih-bersih Makam

Advertisement

Advertisement

Mantan Pengusaha ini Alih Profesi Sebagai Tukang Bersih-bersih Makam

Aji Nss
, March 10, 2023
Last Updated 2023-03-10T03:13:43Z
Advertisement


Kabarngetren.com - Pandemi Corona tahun lalu membuat banyak pengusaha menengah ke atas maupun menengah ke bawah pada tumbang bahkan gulung tikar.

Seperti di alami Rahmat pria asal Brebes ini semula Usaha nasi goreng dan expedisi.

Namun akibat virus Corona yang tak kunjung usai terpaksa semua usahanya gulung tikar. " Iya mas, saya awalnya usaha nasi goreng sama punya expedisi, tapi semenjak ada Corona semuanya tutup" Ujar Rahmat.

Saat sebelum Corona, penghasilan Rahmat dari usahanya mencapai hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya, namun sampai saat ini usahanya benar - benar bangkrut.

Pria yang kesehariannya membersihkan rumput di makam tanah kusir Jakarta Selatan ini menjalani profesinya sebagai tukang perawat makam baru sekira 1 tahunan.

Awal mula Rahmat berprofesi sebagai tukang bersih-bersih makam di ajak oleh seorang temannya yang lebih dulu menjadi tukang perawat makam di Tanah Kusir Jakarta Selatan.

Menurut Rahmat keluarga dari yang punya makam biasanya memberikan upah setiap bulan, semakin banyak makam yang ia rawat dan bersihkan semakin banyak punya hasilnya. "Saya biasanya di bayar bulanan dari keluarga almarhum ini, tapi karena masih baru saya hanya pegang beberapa saja". Tambah Rahmat.

Namun untuk penghasilan perbulannya Rahmat enggak menjelaskan.

TrendingMore