Di Balik Cerita Pemadam Kebakaran Di Balik Cerita Pemadam Kebakaran

Advertisement

Advertisement

Di Balik Cerita Pemadam Kebakaran

Aji Nss
, March 16, 2023
Last Updated 2023-03-16T09:41:13Z
Advertisement


Kabarngetren.com - Pemadam kebakaran atau Damkar memiliki tugas yang cukup berat penuh resiko. Bahkan mereka rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan banyak orang. 

Seperti semboyan yang terpampang di beberapa sudut Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi “Pantang pulang sebelum padam, meskipun nyawa taruhannya”.

Hal itu merupakan prinsip yang dipegang teguh oleh semua personel Pemadam Kebakaran. Ketika enggak berada di lapangan, mereka mengenakan seragam berwarna biru tua dengan badge bertuliskan Pemadam di kantong kiri depan serta semboyan Yudha Brama Jaya.

Yudha yang berarti perang, dan Brama artinya api, serta Jaya adalah menang. Bisa diartikan, semboyan tersebut bermakna kemenangan dan keberhasilan dalam perang melawan api kebakaran. 

Semua orang tahu jika petugas seorang pemadam kebakaran adalah menjinakkan api, memadamkan api yang berkoar. Namun, siapa sangka, sang pemadam rupanya memiliki banyak tugas yang harus di selesaikan.

“Tugas kami enggak cuma menangani kebakaran, tetapi mencakup juga penyelamatan,” ujar Hasan Syah kepada kabarngetren.com

Berikut beberapa tugas personel Dinas Pemadam Kebakaran, memadamkan api, penyelamatan kucing, evakuasi ular, evakuasi biawak, bantuan kecelakaan dan medis darurat, melepaskan cincin dan lain sebagainya.

Walaupun petugas pemadam kebakaran menemui hambatan dan rintangan saat melaksanakan tugas, mereka bekerja dengan sekuat tenaga dan sepenuh hati dalam menjalankan tugasnya.

TrendingMore