Resep Memasak Rendang Ala Bunda Resep Memasak Rendang Ala Bunda

Advertisement

Advertisement

Resep Memasak Rendang Ala Bunda

Aji Nss
, April 23, 2021
Last Updated 2023-03-26T04:52:54Z
Advertisement




Ragam budaya dari kepulauan indonesia membuat indonesia memiliki banyak makanan khas dari masing masing daerah di tiap pulau. 
 
Ada beberapa makanan dari daerah daerah tersebut yang sangat di kenal bahkan mendunia karna cita rasa yang lezat. Memakai rempah rempah yang beraneka ragam membuat kelezatannya tidak di ragukan lagi ya lovers. 
 
Salah satu makanan indonesia yang bercita rasa lezat adalah rendang. Rendang dengan bumbu beraneka ragam membuat rasanya nikmat. 
 
Pada tahun 2011, CNN menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia loh lovers . 
 
Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat tepatnya di Minangkabau .makanan ini memang disukai banyak orang. Bahkan, satu bungkus nasi padang lauk rendang, banyak difavoritkan anak indekos saat menempuh pendidik di perantauan. 
 
Rendang di masak dengan waktu yang cukup lama loh lovers . Sekitar 4 sampai 5 jam sampai santannya menjadi asat dan kering. Yang terlihat hanya potongan daging dengan warna yang gelap dan kental berjejak. 
 
Dalam suhu ruangan rendang bahkan dapat bertahan lama bisa berminggu minggu. Karna proses pemasakannya yang lumayan lama jadi rendang lebih awet ya loves. 
 
Rendang merupakan masakan yang mengunakan bumbu rempah yang kaya. Selain daging, rendang juga menggunakan santan kelapa, dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya. 
 
Keunikan rendang ialah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang sifatnya antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. 
 
Jadi tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu. 
 
Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. 
 
1. Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan hingga asat dan santan bumbu terserap daging. 
 
2.Setelah mendidih, apinya dikecilkan sambil terus diaduk sampai santan mengental dan menjadi kering. Memasak rendang harus ekstra sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan tidak pecah .mengering dan bumbu menyerap sempurna, tanpa membuat hangus dan menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dengan istilah 'karamelisasi'. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki cita rasa yang unik. 

TrendingMore