Blitz PesawatELEKTRONIKLampu BlitzLed BlitzNewsTEKNO

Cara Membuat Rangkaian Lampu Blitz Seperti Pesawat

Darmaji Nss
11 Aug 2021, August 11, 2021
Last Updated 2021-09-18T18:34:04Z
Ben Apik Motor
Advertisement

Cara Membuat Rangkaian Lampu Blitz Seperti Pesawat



Cara Membuat Rangkaian Lampu Blitz Seperti Pesawat - Agar sepeda motor tampak lebih keren dan terlihat lain dari sepeda motor yang lain, para penghobi modifikasi sepeda motor biaanya banyak hal kreatif yang bisa di lakukan.

Salah satu rangkaian lampu blitz seperti lampu pesawat. Untuk sepeda motor lampu blitz ini di manfaatkan untuk lampu indikator. Cara kerjanya pada saat sepeda motor posisi off, lampu blitz akan menyala kedip-kedip seperti bliztnya ala pesawat.

Cara Membuat Rangkaian Lampu Blitz Seperti Pesawat


Rangakain lampu blitz ini sebenarnya enggak begitu berguna juga buat sepeda motor, tapi hanya biar terlihat lebih keren saja. Seolah-olah alarm di sepeda motor sedang aktif, walaupun sebenarnya enggak pakai alarm sekalipun. Katanya biar seperti mobil, saat mobil tersebut alarmnya aktif ada indikator led yang berkedip-kedip.

Kali ini admin akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat rangkaian lampu indikator led berkedip ala pesawat yang sangat mudah dan sederhana dan yang pasti modalnya enggak sampai 10.000. Lengkap dengan layout pcbnya.

Rangkaian ini cepat atau pendeknya kedipan lampu blitz tergantung elco, semakin besar elco maka kedipan led semakin lambat juga.

Jika di pasang untuk indikator kontak motor, pemasangannya sangat mudah. Kabel negatif dari modul di jumper ke kontak OUT dan kabel positif dari modul di jumper ke kontak IN.

Berikut daftar komponennya:
  • Q1 Transistor BC 547
  • C1 Elco 470 uf/25 atau Elco 1000 uf/25
  • R1 Resistor 10k
  • D1 Led 5 mm
  • Kabel secukupnya
Gambar rangkaiannya seperti di bawah ini



Selamat berexperimen semoga bisa bermanfaat

TrendingMore