BarnShopsMerawat MotorMotor MaticNewsOTOMOTIF

Perawatan Sepeda Motor Enggak Rutin, Bisa-bisa Cepat Rusak dan Mogok di Jalan

18 Jul 2021, July 18, 2021 WAT
Last Updated 2021-07-18T05:00:56Z
Advertisement
Foto : barn-shops.business.site

Kabar Ngetren - Merawat sepeda motor sering kali terabaikan dengan beragam alasan. Setidaknya enggak boleh telat ganti oli, bukan hanya ganti oli saja yang enggak boleh terlambat, namun part yang lain juga enggak boleh terlambat penggantiannya.

Apalagi motor matic sangat enggak di rekomendasikan kalo sampai telat ganti oli, kalo sampai kehabisan oli, bisa-bisa motor kalian mogok di jalan.

Jjo mekanik bengkel BarnShops mau berbagi tips perawatan sepeda motor supaya motor kalian tetap terjaga kesehatan dan performance nya. Menurut Jjo perawatan sepeda motor yang paling utama adalah oli jangan sampai telat, paling enggak dua bulan atau setiap 1000 km tergantung perjalanan dan kondisi sepeda motor.

Nah, setiap ganti oli juga kudu di perhatikan olinya, berkurangnya banyak apa enggak, kalo berkurangnya banyak berarti waktu penggantian oli juga di percepat.

Baca juga :   Kehilangan Remote Keyless Bawaan Motor Jangan Panik, Ini Solusinya

“Kalo mau motor awet pertama oli jangan sampai telat, terutama motor matic kalo sampai terlambat ganti oli mesin jadi cepat panas dan oli cepat habis” Ujar Jjo kepada kabarngetren.com (18/07/2021) .

Bukan hanya oli, part yang lain seperti roler, vanbel dan lain-lain setiap tiga bulan juga kudu di cek supaya bisa di ketahui masih layak enggaknya. Karena kalo sepeda motor sudah mencapai usia lima tahun rawan kerusakan.

Jjo menambahkan supaya saat penggantian enggak berasa besar biayanya di sarankan bertahap.“Ganti spearpartnya bertahap saja, misalnya bulan ini roler bulan depan vanbel. Jadi biayanya enggak begitu berasa mahal” Tambahnya.

Berikut tips perawatan sepeda motor  matic supaya performance nya tetap terjaga

Ganti oli secara berkala
Untuk merawat motor matic termasuk hal sangat penting, karena itu perawatan yang lakukan sesuaikan dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal kalo motor sudah mencapai 5000 km.

Atau mana yang lebih dulu tercapai antara kilometer atau bulan. Kalo itungan bulan biasanya di lakukan setiap setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa juga gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang kalian punya.

Check kondisi vanbelt dan roler
Enggak kalah penting memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang enggak boleh untuk diabaikan bagi pemilik motor terutama matic.

Mengingat vanbelt bahannya yang terbuat dari karet dikhawatirkan bakal putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor kalian berhenti dan enggak bisa jalan lagi.

Kalo sudah waktunya untuk mengganti vanbelt lebih baik gunakan suku cadang yang asli atau original supaya motor matic kalian lebih terjamin dan pasti lebih awet.

Servis rutin di bengkel
Untuk perawatan servis berkala sepeda motor matic biasanya meliputi ganti oli, service karburator dan seting motor.

Untuk service berkala kalian bisa datang ke bengkel BarnShops untuk menanyakan menggenai, Vanbelt, roler dan lain-lain apakah perlu penggantian. Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali agar performance motor matic kalian tetap terjaga.

Menggunakan bensin yang berkualitas
Kualitas bensin sangat berpengaruh dengan performance mesin motor kalian, jadi lebih baik kalian isi bensin di SPBU dengan oktan yang lebih tinggi.

Namun, biasanya setelah lima tahun, mesin maupun komponen lain performa nya akan menurun, untuk itu akan sangat baik kalo kalian service secara berkala. Sebab kalo enggak, motor akan sangat sering membutuhkan servis dan performanya terus menurun.

Nah, bagi kalian yang motornya pingin performance nya terjaga dan terawat dengan baik bisa datang ke bengkel BarnShops di Jl. Raden Inten II No. 82C Jakarta Timur Telp : 021-28537359. BarnShops melayani : Performance, Tuneup, Modification, Injection, Accessories.

TrendingMore