Motor InjeksiMotor Susah HidupNewsOTOMOTIF

Penyebab Motor Injeksi Tiba-tiba Susah diNyalakan

Darmaji Nss
9 May 2021, May 09, 2021
Last Updated 2021-08-25T17:15:23Z
Ben Apik Motor
Advertisement



Kabar Ngetren - Penyebab Motor Injeksi Tiba-tiba Susah diNyalakan - Hi Sobat ngetren, pernah enggak sih kalian tiba-tiba motornya susah di nyalakan atau susah di starter? Jika pernah Kabar Ngetren mau kasih tipsnya.

Bagi beberapa orang motor injeksi yang tiba-tiba susah di nyalakan seperetinya sudah enggak aneh lagi. Hal ini di sebabkan beberapa faktor, seperti motor injeksi misalnya. Motor yang menggunakan teknologi injeksi itu emang beda dengan karburator.

Sistem injeksi itu enggak jauh beda dengan dengan mesin diesel. Karena tengki bahan bakarnya harus kedap udara. Sehingga, enggak ada udara masuk yang mengganggu kinerjanya. Karena, kalo ada udara sedikit saja yang masuk ke dalam tangki, akan terjadi eror pada sistem injeksinya.

Penyebab Motor Injeksi Tiba-tiba Susah diNyalakan


Sementara itu, pada bagian pengontrolnya biasanya sistem injeksi ini menggunakan ECU. Sebuah komponen micro controller yang berperan untuk mengatur durasi dan timming dalam membuka bagian injectornya.

Dengan begitu, kadar bensin yang masuk ke dalam ruang pembakaran menjadi ideal dalam RPM berapapun. Maka itu, kalo motor kalian tiba-tiba susah dinyalakan, kemungkinan ada beberapa masalah didalamnya.

Berikut penyebab dan solusi motor injeksi tiba-tiba susah dinyalakan

Penyebab motor injeksi susah di nyalakan
Motor injeksi yang enggak mau di hidupkan karena sistem pengapiannya enggak bekerja. Mengapa hal ini terjadi karena bensinnya enggak nyampai ke ruang bakarnya. Kompresi bocor juga bisa menjadi penyebabnya.

Selain dua masalah di atas, tentu ada juga penyebab yang lain mengapa motor berteknologi injeksi bisa bermasalah. Aki lemah juga bisa menjadi faktor aki enggak bisa nyala. Karena fungsi aki memiliki peran penting untuk motor injeksi.

Aki enggak hanya di gunakan untuk starter saja. Akan tetapi juga berfingsi dalam memberikan suplai daya pada ECU. Kalo tegangan akinya drop, daya untuk suplai ke ECU juga kurang. Yang menyebabkan motor injeksi enggak mau di starter ini bisa terjadi karena brush motor starternya aus.

Kalo motor injeksi kalian susah di nyalakan karena akinya lemah, bisa menyalakan motor dengan kick atarter. Biasanya kalo hanya akinya drop maka sistem elektrik starter beserta ECU menjadi terpengaruh.

Namun, kalo mesinnya bisa dinyalakan dengan kick starter, kelistrikan motorpun dapat suplai dari spull. Berarti, meskipun akinya lemah, mesinnya masih bisa nyala. Akan tetapi, kalo penyebabnya di brush motor starternya mulai aus, maka solusinya di engkol juga dengan kick starter.

Busi rusak
Busi yang sudah mulai rusak karena usia pakai atau penyebab lainnya, tidak bisa memberikan percikan api yang optimal untuk pembakaran. Karena itu, proses pembakaran di dalam mesin terkendala sehingga sulit dihidupkan.

Kerusakan busi dapat dilihat dari kondisi fisiknya. Tanda umum kerusakan, yaitu ujung busi berwarna hitam pekat dan celah busi sudah longgar.

Jika kondisinya sudah seperti itu, busi harus segera diganti. Sebab, malfungsi busi selain membuat mesin sulit dihidupkan, juga dapat menyebabkan masalah terhadap komponen kelistrikan seperti koil dan kiprok.

Klep terlalu renggang
Bahan bakar yang mengalir dari karburator atau throttle body selanjutnya melewati celah klep, sebelum masuk ke silinder mesin. Ukuran celah klep tersebut mempengaruhi besaran debit bahan bakar menuju silinder.

Mesin motor susah hidup bisa terjadi karena celah klep terlalu renggang, akibatnya debit bahan bakar yang masuk silinder kurang untuk melakukan pembakaran awal.

Ada jalur kelistrikan yang konslet
Cara mengatasi motor tidak bisa hidup selanjutnya adalah dengan terlebih dahulu mendeteksi korsleting yang mungkin terjadi.

Hubungan singkat arus listrik bisa menjadi penyebab sistem starter mengalami korsleting. Jika ada bekas hitam dan terbakar, bisa dipastikan korsleting benar-benar terjadi.

Untuk cara memperbaikinya cukup mudah. Pertama, bagian yang terbakar bisa dibersihkan. Kemudian bagian yang terlepas bisa dipasang kembali. Jika ada bagian yang rusak dan tidak mungkin dipakai lagi, maka harus diganti dengan yang baru.

TrendingMore